PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TONGAS KABUPATEN PROBOLINGGO

Mukti Andayani

Abstract


Pembelajaran IPA di kelas dituntut untuk selalu kreatif dan menyenangkan, kenyataan di lapangan masih banyak dan sering ditemukan siswa kurang berminat dan tidak konsentrasi terhadap pelajaran. Proses belajar hanya terbatas pada guru mentransfer ilmu pada siswa, terasa menjemukan tanpa ada respon antusias dari siswa. Berlatar belakang hasil di kelas yang tidak sesuai dengan harapan serta ketidakantuntasan siswa dalam belajar maka penulis mencoba untuk menerapkan cooperative learning tipe GI pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan terhadap siswa kelas VIII.C SMP Negeri 1 Tongas Kabupaten Probolinggo. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitan adalah untuk mendiskripsikan hasil penerapan cooperative learning tipe GI pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan terhadap siswa kelas VIII.C di SMP Negeri 1 Tongas Kabupaten Probolinggo. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII.C SMP Negeri 1 Tongas tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan proses belajar dan hasil belajar di kelas meningkat. Pada siklus 1 sebesar 81% pada siklus 2 swbesar 90% terjadi kenaikan sebesar 9 %. Keaktifan siswa pada siklus 1 sebesar 74% dan siklus 2 sebesar 81% terjadi kenaikan keaktifan siswa sebesar 7 %.


Keywords


hasil belajar dan cooperative learning tipe GI

Full Text:

Untitled

References


Daryanto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogjakata: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2015. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kelough. 2009. Contextual Teaching and Learning Matematika SMP Kelas IX. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Kesuma, Ameliasari T.2012. Menyusun PTK Itu Gampang. Jakarta : ESENSI.

Lungdren. 2014. Pembelajaran Kooperatif Learning. Jakarta : Proyek Peningkatan Mutu SLTP.

Soetomo. (2011). Teori Pembelajaran. Surabaya Usaha Nasional.

Sudjana, Nana. (2007). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovati Berorientasi Konstruktivistik.. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman, 2011. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.