PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA PECAHAN KELAS VI DI SDN KEBONSARI WETAN 3 PROBOLINGGO

Supriadi Supriadi

Abstract


Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan pembelajaran kooperatif STAD dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep mengurutkan pecahan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Kebonsari Wetan 3 Kota Probolinggo. Waktu pelaksanaan adalah semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dengan observasi langsung selama tindakan dan hasil tes kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan keterampilan mengurukan pecahan pada siswa kelas VI SDN Kebonsari Wetan 3 Kota Probolinggo. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dari jumlah 29 siswa yang tuntas dengan pada siklus 1 sebanyak 23, pada siklus 2 meningkat menjadi 28 siswa (96 %).


Keywords


STAD dan keterampilan mengurutkan pecahan

Full Text:

Untitled

References


Nur, Ibrahim, Rachmadiarti, Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Purwanto. (2005). Model Pembelajaran Group Investigation. Yogyakarta: UNY

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Winataputra, Udin S.2001. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats