PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MANUSIA, TEMPAT, DAN LINGKUNGAN

Ratnaning Widyastuti

Abstract


Dalam silabus mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII terdapat  materi tentang memahami manusia, tempat dan lingkungan dengan Kompetensi Dasar 3.1 Memahami konsep dan interaksi antar ruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan. Pembelajaran IPS dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial dengan pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang-cabang ilmu-ilmu sosial (sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya). Penggunaan model Project Based Learning telah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam memahami manusia, tempat dan lingkungan pada peserta didik kelas VII.B SMP Negeri 6 Probolinggo. Tujuan umum penelitian ini dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar memahami manusia, tempat dan lingkungan melalui model pembelajaranPjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus II sebanyak 35 peserta didik (100%) kelas VII.B SMP Negeri 6 Probolinggo Tahun Pelajaran 2016-2017 mencapai KKM baik untuk aktivitas pembelajaran inti maupun penugasan. Sebanyak 35 peserta didik pada siklus II  100% mencapai KKM. Hal ini berarti mengalami peningkatan dibanding siklus I karena peserta didik yang mencapai KKM hanya 25 peserta didik atau 71,43%.


Keywords


Manusia, tempat dan lingkungan, Project Based Learning

Full Text:

Untitled

References


Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Untuk Guru. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sudjana, dkk. 1989. Pedoman Praktek Mengajar. Bandung; Depdikbud

Mulyana, Aina. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Diakses dari: http://ainamulyana.blogspot.co.id/2016/06/model-pembelajaran-berbasis-proyek.html

Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats