PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD MELALUI METODE DISKUSI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Sungai Ayak, Desa Sungai Ayak I, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat terhadap materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan pada pada semester II tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi dapat meningkat-kan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajarnya melalui metode diskusi. Dari 21 orang, pada pra siklus siswa yang tuntas ada 9 orang atau 42,85% sedangkan siswa yang belum tuntas adalah 12 orang atau 57,15%. Pada siklus I siswa yang tuntas 15 orang atau 68,42% sedangkan siswa yang belum tuntas adalah 6 orang atau 28,57%. Pada siklus II siswa yang tuntas 19 orang atau 90,47% sedangkan siswa yang belum tuntas adalah 2 orang atau 9,53%.
Kata Kunci: Hasil belajar dan metode diskusi.
IMPROVEMENT OF STUDENT LEARNING OUTCOMES OF CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL THROUGH DISCUSSION METHODS ON THE MATERIALS OF PLANT STRUCTURE PARTS AND FUNCTIONS
Abstract: This classroom action research aims to determine whether the use of the discussion method can improve the learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri 01 Sungai Ayak, Sungai Ayak I Village, Belitang Hilir District, Sekadau Regency, West Kalimantan regarding the material on the structure and function of plant parts. This research was conducted in the second semester of 2019/2020 academic year in two cycles with 21 research subjects. The results showed that the discussion method could improve student learning outcomes as indicated by the completeness of learning through the discussion method. Of the 21 students, in the pre-cycle there were 9 students or 42.85% of students who had not completed it, 12 students or 57.15%. In the first cycle there were 15 students who completed or 68.42%, while the students who had not completed were 6 people or 28.57%. In the second cycle, 19 students or 90.47% completed students, while 2 students or 9.53% had not completed.
Keywords: Learning outcomes and discussion methods.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hariatiningsih, Puji. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Kelas V di SDN Sukabumi 10 Kota Probolinggo. Jurnal Ilmiah Pro Guru. Vol. 2(3).
Indarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: Lembaga Penerbitan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya.
Kelirik, Nengah. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal IKA. Vol. 16(1).
Malik, Jamaludin. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Refleksi Edukatika. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 9(2).
Riadi, Muchlisin. (2013). Metode Diskusi Dalam Belajar. https://www.kajianpustaka.com/2013/01/metode-diskusi-dalam-belajar.html
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suhani. (2017). Upaya Meningkatkan Pemahaman Tentang Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Pada Pelajaran Ipa Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Metro Pusat 2014/2015. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro. Vol. 2(2).
Yamin, Martinis. (2007). Metode Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GP Press.
Lestari, Sri Hastuti Siwi. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Materi Energi Panas Dan Bunyi Melalui Metode Diskusi Kelompok di Kelas IV SD Negeri Bintoro 16 Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar. Vo. 6(1). Semarang: PGSD Universitas PGRI Semarang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id