MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DESCRIPTIVE DENGAN METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW

Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan: 1) agar memperoleh informasi tentang pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw pada kemampuan membaca teks descriptive peserta didik kelas 7.3 SMP Negeri 8 Kota Probolinggo tahun 2016-2017. 2) agar memperoleh informasi seberapa besar kecakapan peserta didik dalam menguasai bacaan  teks descriptive setelah digunakan metode kooperatif model jigsaw pada peserta didik kelas 7.3 SMP Negeri 8 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), peneliti melakukan tindakan untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran di kelas. Peneliti menggunakan  metode penelitian deskriptif, karena memberi gambaran seperti apa suatu metode pengajaran digunakan dan seperti apa hasil dari pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai. Subyek dari penelitian ini yaitu peserta didik Kelas 7.3 SMP Negeri 8 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017 pada materi teks deskriptif. Dari hasil tindakan ini dapat ditunjukkan bahwa proses belajar mengajar kooperatif model jigsaw memberikan pengaruh yang baik dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya penguasaan dan nilai peserta didik pada pokok bahasan yang telah diajarkan. Ada peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I (60,71%), II (75.00%), dan III (89,29%). Pada siklus III peserta didik secara klasikal sudah dapat mencapai ketuntasan belajar.

 

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Teks Descriptive, Model Jigsaw.

 

IMPROVING DESCRIPTIVE TEXT READING ABILITY

WITH JIGSAW MODEL IN COOPERATIVE METHOD

 

Abstract: This study has the following objectives: 1) to obtain information about the effect of the application of the jigsaw cooperative learning method on the ability to read descriptive text of students in grade 7.3 SMP Negeri 8 Kota Probolinggo in 2016-2017. 2) in order to obtain information on how much students' skills in mastering descriptive text reading after using the cooperative method of the jigsaw model for students in grade 7.3 SMP Negeri 8 Kota Probolinggo in the 2016/2017 academic year. Researchers use classroom action research, researchers take actions to solve problems in the learning process in the classroom. Researchers use descriptive research methods, because they give an idea of what kind of teaching method is used and what kind of learning outcomes are expected to be achieved. The subjects of this study were students of class 7.3 SMP Negeri 8 Probolinggo City in the academic year 2016/2017 on descriptive text material. From the results of this action it can be shown that the cooperative teaching and learning process of the jigsaw model has a good influence in improving student learning achievement. This is shown by the increasing mastery and value of students on the subjects that have been taught. There was an increase in learning completeness from cycle I (60.71%), II (75.00%), and III (89.29%). In the third cycle, classical students were able to achieve mastery learning.

 

Keywords: Reading Ability, Descriptive Text, Jigsaw Model.


Keywords


Kemampuan Membaca, Teks Descriptive, Model Jigsaw

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. (1996). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, Oemar. 1999. Kurikuum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. (1998). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Johnson. (1993). Model Cooperative Learning Type Jigsaw. Jakarta: Erlangga.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Dearcin University Press.

Nur, Moh. (2001). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.