IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN REMAP-CS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IPA
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui potensi: (1)Keterlaksanaan pembelajaran remap-CS untuk meningkatkan literasi IPA. (2)Pembelajaran remap-CS dalam meningkatkan literasi IPA. Penanaman konsep IPA berangkat dari hal-hal konkrit menuju abstrak. Konsep klasifikasi materi bisa merupakan materi yang abstrak bagi siswa.Berdasarkan hasil keikutsertaan pada bimtek PISA 2017, disimpulkan siswa perlu belajar memahami bacaan IPA, pembelajaran yang mengaitkan materi dengan konteks kehidupan sehari-hari, pembelajaran menuntut siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memecahkan suatu permasalahan menuju permasalahan lain.Penelitian inimengamati peran model pembelajaran remap-CS terhadap peningkatan literasi IPA padaKD: 3.3 dan 4.3.Permasalahan penelitian adalah: (1)Bagaimanakah keterlaksanaan pembelajaran remap-CS (reading, concept mapping-cooperative script) dalam meningkatkan literasi IPAsiswa? (2)Apakah implementasi pembelajaran remap-CS dapat meningkatkan literasi IPAsiswa? Penelitian menggunakan rancangan PTK dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.7semester ganjil, tahun pelajaran 2019-2020. Hasil penelitian: (1)Keterlaksanaan implementasi pembelajaran pada siklus I 66% (cukup) dan siklus II 78% (baik). (2)Terjadi peningkatan rata-rata nilai literasi IPA dari siklus I (56) ke siklus II (68), ketuntasan klasikal meningkat dari siklus I 9% ke siklus II 34% meski belum mencapai indikator keberhasilan 85% dan KKM 75.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqidah. (2009). Penerapan Pendekatan Konstektual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas V SD Negeri Kesek I Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan. Laporan Penelitian. Program studi S1 PGSD Universitas Terbuka.
Johnstone, A.H & Letton, K.M. (1991). Practical Measure for Practical Work. Education in Chemistry, 28 (3):81-83.
Kurniawati, Z. L., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2015). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri Kota Batu pada Mata Pelajaran Biologi. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional dan Workshop Nasional Biologi dan Pembelajarannya ke-2. Jurusan Biologi FMIPA UM. Malang, 16-17 Oktober 2015.
Muhammad, Hasan. (2009). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Diskusi tentang Cara Meringkas Isi Buku pada Siswa Kelas V SDN Ba’engas 1 Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Laporan Penelitian. PGSD: Universitas Terbuka
Mulyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
O’Orouke, Rebecca. (1998). The Learning Journal: From Chaos to Coherence. Assesment and Evaluation in Higer Education. ProQouest Education Journal. Dec 1998. 24, 4 Pg. 403
Parente, Melissa K. (2007). Which Has A Greater Effect on Student Performance, Guided Inquiry of Structured Inquiry? Leadership for Middle Level Science. EDUC 545: 631. April (7). University of Pennsylvania.
Sabilu, Murni. (2008). Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Multistrategi terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMA Negeri 9 Malang. Tesis tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.
Susilo, Herawati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media Publisihing.
Susilo, Herawati. (2009). Handout Penulisan Karya Ilmiah (Mata Kuliah Pra Pasca Sarjana). Malang. PSSJ Pendidikan Biologi. Pasca Sarjana. UM.
Zubaidah, S. (2014). Pemberdayaan Keterampilan Penemuan dalam Scientific Approach Melalui Pembelajaran Berbasis Remap Coople. Makalah disajikan pada Seminar Nasional XI bertema Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya di Universitas Sebelas Maret pada tanggal 7 Juni 2014.
Refbacks
- There are currently no refbacks.