FLEKSIBILITAS BERPIKIR RELASIONAL SISWA: STUDI KASUS SISWA KELAS 7 DI SMPIT PERMATA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Heri Purnomo, Abdullah Ash Shiddieqy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fleksibilitas yang digunakan siswa kelas 7 dalam berpikir relasional. Berpikir relasional dalam penelitian ini terdiri dari tahapan emerging, consolidating dan established relational thinking. Fleksibilitas dalam penelitian ini dicapai setelah siswa memenuhi tahap Established dalam berpikir relasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan fleksibilitas siswa dalam berpikir relasional. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 45 siswa kelas 7. Instrument yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes diberikan kepada 45 siswa kemudian diseleksi jawaban siswa yang benar dan sesuai dengan tahapan berpikir relasional. Siswa yang berpikir relasional yang memenuhi tahapan established dengan menggunakan strategi yang berbeda dilakukan wawancara untuk memperoleh data secara mendalam. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa siswa yang mengalami berpikir relasional pada tahap established mampu berpikir fleksibel. Proses fleksibilitas teridentifikasi saat siswa menggunakan, memilih atau menghasilkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, dan menerapkan pengetahuan tentang angka dan sifatnya dengan cara yang berbeda dengan mempartisi, mentransformasikan, mengganti, atau menguraikan angka serta menggunakan sifat komutatif operasi bilangan

Keywords


Fleksibilitas, Berpikir Relasional, Masalah Matematika

Full Text:

PDF

References


Britt, M., & Irwin, K. (2011). Algebraic thinking with and without algebraic representation: A pathway for learning. In J. Cai & E. Knuth (Eds.), Early algebraization: A global dialogue from multiple perspectives (pp. 137-160). Dordrecht, The Netherlands: Springer.

Carpenter, T. P., Levi, L., Franke, M. L., & Zeringue, J. K. (2005). Algebra in elementary school: Developing relational thinking. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik, 37(1), 53-59.

Empson, S. B., Levi, L., & Carpenter, T. P. (2011). The algebraic nature of fractions: Developing relational thinking in elementary school. In J. Cai, & E. Knuth (Eds.), Early algebraization: A global dialogue from multiple perspectives (pp.409-426). New York, NY: Springer.

Fuson, Karen C. 1984. More Complexities in Subtraction. Journal for Research in Mathematics Education 15 (May): 214–25

Irwin, K. C., & Britt, M. S. (2005). The algebraic nature of students’ numerical manipulation in the New Zealand Numeracy Project. Educational Studies in Mathematics, 58(2), 169-188.

Jacobs, V. R., Franke, M. L., Carpenter, T. P., Levi, L., & Battey, D. (2007). Professional development focused on children’s algebraic reasoning in elementary school. Journal for Research in Mathematics Education, 38(3), 258-288.

Jones, I., Inglis, M., Gilmore, C., & Dowens, M. (2012). Substitution and sameness: Two components of a relational conception of the equals sign. Journal of Experimental Child Psychology, 113(1), 166-176.

Kindrat, Alexandra N. (2018). Enhancing Seventh-Graders' Relational Thinking Through Mental Mathematics. A Thesis in the Department of Education Concordia University.

Molina, M., & Ambrose, R. (2006). What is that equal sign doing in the middle? Fostering relational thinking while negotiating the meaning of the equal sign. Teaching Children Mathematics, 13(2), 111-117.

Molina, M., Castro, E., & Mason, J. (2008). Elementary students’ approaches to solving true/false number sentences. Revista de Investigacion en Didactica de la Matematica PNA, 2(2), 75-86.

Proulx, J. (2013). Mental mathematics, emergence of strategies, and the enactivist theory of cognition. Educational Studies in Mathematics, 84(3), 309-328.

Selter, et.al., 2012. “Taking Away and Determining the Difference—A Longitudinal Perspective on Two Models of Subtraction and the Inverse Relation to Addition.” Educational Studies in Mathematics 79 (3): 389–408

Star, J., & Newton, K. J. (2009). The nature and development of experts’ strategy flexibility for solving equations. ZDM, 41(5), 557-567.

Stephens, A. C. (2006). Equivalence and relational thinking: Preservice elementary teachers’ awareness of opportunities and misconceptions. Journal of Mathematics Teacher Education, 9(3), 249-278.

Stephens, M., & Ribeiro, A. (2012). Working towards algebra: The importance of relational thinking. Revista Latinoamericano de Investigacion en Matematica Educativa, 15(3), 373–402.

Stephens, M., & Wang, X. (2008). Investigating some junctures in relational thinking: a study of year 6 and year 7 students from Australia and China. Journal of Mathematics Education, 1(1), 28-39.

Threlfall, J. (2002). Flexible mental calculation. Educational Studies in Mathematics, 50, 29-47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.