KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BAHASA INGGRIS DALAM SURAT PRIBADI MELALUI PENERAPAN TEBAK KATA FLASHCARD

Ambodalle Labennu

Abstract


Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan  minat dan hasil belajar peserta didik pada keterampilan speaking menggunakan media Flashcard gambar berseri dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Peserta didik yang dinyatakan tuntas belajar jika mendapat nilai tes pada siklus tertentu sebesar 75 sesuai dengan KKM Bahasa Inggris di SMA Negeri 5 Model Palu atau secara klasikal 80% dari keseluruhan subyek kelas X IPS 4 memperoleh  nilai 75 ke atas. Selain itu, minat belajar dinyatakan tercapai sesuai kriteria kesuksesan bahwa 80% dari keseluruhan subyek aktif terlibat dalam pembelajaran baik bertanya, menjawab, dan berdiskusi. Hasil belajar peserta didik siklus 1 adalah 76,50 dengan minat belajar dalam kategori sedang 59%, kemudian hasil belajar peserta didik siklus 2 adalah 83,27 dengan peningkatan minat belajar dalam kategori “baik” sebesar 87%. Hasil analisis dengan peningkatan minat belajar dalam kategori “baik” ini didukung oleh penjelasan dalam laporan penelitian bahwa the various pictures are good media to help students learn speaking easily and fun, subconsciously, they are learning while presenting the pictures (Karsono, 2014). Dengan demikian gambar seri bentuk Flashcard merupakan media dengan gambar yang bervariasi dapat membantu peserta didik dalam belajar speaking

Keywords


Menulis Kalimat Bahasa Inggris, Surat Pribadi, Tebak Kata Flashcard

Full Text:

PDF

References


Aji, E. M. (2011). The Effect of Using Strip Story on the Students Speaking Ability at SMP Darush Sholihin Batu. Malang: University of Muhammadiyah Malang, Doctoral unpublished dissertation.

Anwar, F. Z. (2015). Enhancing Students’ Speaking Skill through Gallery Walk Technique. Register Journal, 8(2), 226-237.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1971). Educational Research: An Introduction. Florida: McKay.

britishcouncil. (2007, Oktober 12). Material Design and Media. Retrieved Januari 20, 2014, from British Council: http://www.british¬council.-org/¬learningenglish

Catharina, T. A., & Rifa’i, A. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Darojah, R. U. (2012). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melaporkan dengan Media Film Animasi pada Peserta didik Kelas VIII SMPN 12 Yogyakarta. Yogyakarta: (Disertasi Doktor tidak Dipublikasikan) Universitas Negeri Yogyakarta.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Karsono, P. (2014). Using Pictures in Improving the Speaking Ability of the Grade Eight-A Students of SMP Negeri 1 Anggana. Jurnal Dinamika Ilmu, 14(2), 190-213.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Participatory Action Research: Communicative Action and the Public Sphere. New York: Sage Publications Ltd.

Madrasah, W. (2016, Juni 18). Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 SMA/MA Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Retrieved Agustus 12, 2017, from www.wartamadrasah ku.com: http://www.warta madrasahku.com-¬/2016¬/06/perangkat-pembelajaran-kurikulum-2013.html

Mart, C. T. (2012). Developing Speaking Skills through Reading. International Journal of English Linguistics, 2(6), 91.

Rahayu, A. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Rally Coach (RC) dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Peserta didik. Retrieved Januari 12, 2016, from UM Library: http://library.um.ac.id

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Kencana.

Susanti, R. (2002). Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Penabur, 1(1), 87-93.

Wardani, I. G., Julaeha, S., & Marsinah, N. (2005). Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wijayanti, K., Kristiantari, M. R., & Manuaba, I. B. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Poster dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Indonesia Tema Cita-Citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1-25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.