MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Khalimah Khalimah

Abstract


Tujuan dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IXF di SMP Negeri 7 Probolinggo melalui penerapan model PBL (Problem Based Learning) yang dipadukan dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Penelitian tindakan kelas dilatarbelakangi oleh kondisi peserta didik yang belum menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pada problem solving dan berpikir tingkat tinggi. Sehingga perlu diterapkan model PBL (Problem Based Learning) yang dipadukan dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di SMP Negeri 7 Probolinggo, terutama pada peserta didik kelas IXF. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik telah mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar selama menggunakan PBL (Problem Based Learning) yang dipadukan dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik melalui 17 aspek yang menghasilkan peningkatan yang signifikan sebesar 12,40% dari siklus I ke II. Sedangkan terhadap hasil belajar dari peserta didik juga mengalami peningkatan sebanyak 24,33% untuk penugasan dan 25,00% untuk tes akhir. Sehingga sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian, maka penelitian tindakan kelas yang menggunakan PBL (Problem Based Learning) dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dinyatakan berhasil

Keywords


Hasil Belajar, PBL (Problem Based Learning), Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Full Text:

PDF

References


Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Rusman (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung: Alfabeta

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Sudarmanto. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Sunrise

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Tohirin. (2000). Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam/ Pekanbaru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.