PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL

Sumiarsih Sumiarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam menulis cerita fabel.Rancangan penelitian yang digunakan berbentuk siklus. Selama ini  menulis  pada umumnya dan menulis cerita fabel pada khususnya  merupakan kegiatan yang menjemukan atau membosankan bagi siswa  karena kegiatannya yang monoton dan tanpa tantangan. Salah satu upaya inovatif untuk mengemas pembelajaran menulis cerita fabel  melalui pengamatan media gambar. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif  dan analisis statistik. Kemampuan Menulis cerita fabel siswa meningkat setelah mendapatkan pengalaman belajar melalui pengamatan media gambar. Peningkatan itu terjadi karena  adanya motivasi dan minat siswa yang terbentuk dengan mengamati  media gambar sebelum menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerita fabel siswa SMP Negeri 10 Probolinggo tahun 2016lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

 

 


Keywords


Kemampuan menulis, cerita fabel, media gambar

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan, (2006). Standar Isi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Duta,Elang. (2015). http://ceritadongeng-indonesia.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-lengkap-unsur-intrinsik cerita fabel ..html) Diakses pada pada tanggal 8 Agustus 2016 pukul 20.11 WIB.

Krismarsanti, Ermina. (2009).Karangan Fiksi dan Nonfiksi. Surabaya: PT.Jepe Press Media Utama.

Tim Penyusun. (2001).Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahyudi, Tri. (2014). (http://weachyudhiepunya.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-fungsi-dan-tujuan-menulis.html) Diakses pada pada tanggal 8 Agustus 2016 pukul 18.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.