PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam menulis cerita fabel.Rancangan penelitian yang digunakan berbentuk siklus. Selama ini menulis pada umumnya dan menulis cerita fabel pada khususnya merupakan kegiatan yang menjemukan atau membosankan bagi siswa karena kegiatannya yang monoton dan tanpa tantangan. Salah satu upaya inovatif untuk mengemas pembelajaran menulis cerita fabel melalui pengamatan media gambar. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan analisis statistik. Kemampuan Menulis cerita fabel siswa meningkat setelah mendapatkan pengalaman belajar melalui pengamatan media gambar. Peningkatan itu terjadi karena adanya motivasi dan minat siswa yang terbentuk dengan mengamati media gambar sebelum menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerita fabel siswa SMP Negeri 10 Probolinggo tahun 2016lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan, (2006). Standar Isi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Duta,Elang. (2015). http://ceritadongeng-indonesia.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-lengkap-unsur-intrinsik cerita fabel ..html) Diakses pada pada tanggal 8 Agustus 2016 pukul 20.11 WIB.
Krismarsanti, Ermina. (2009).Karangan Fiksi dan Nonfiksi. Surabaya: PT.Jepe Press Media Utama.
Tim Penyusun. (2001).Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Wahyudi, Tri. (2014). (http://weachyudhiepunya.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-fungsi-dan-tujuan-menulis.html) Diakses pada pada tanggal 8 Agustus 2016 pukul 18.00 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.