IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DENGAN JURNAL BELAJAR IPA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IPA DAN TUGAS PROYEK
Abstract
SMPN 3 Probolinggo memiliki program budaya literasi. Program ini telah berjalan tetapi perlu penguatan. Mata pelajaran IPA mendukung program tersebut dengan mengimplementasikan model budaya literasi IPA dengan jurnal belajar IPA. Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model budaya literasi dengan jurnal belajar IPA untuk meningkatkan literasi IPA dan tugas proyek. (2) Mengetahui keberhasilan implementasi pembelajaran model budaya literasi IPA dengan jurnal belajar IPA dalam meningkatkan literasi IPA dan tugas proyek IPA. Subjek penelitian kualitatif dengan rancangan PTK dengan dua siklus ini adalah siswa kelas VII.3 semester genap, tahun pelajaran 2019-2020. Hasil penelitian: (1) Keterlaksanaan implementasi pembelajaran pada siklus I 91% (sangat baik) dan siklus II 94% (sangat baik). (2). Terjadi peningkatan nilai lembar kerja literasi IPA dari siklus I 78 kategori tuntas ke siklus II 95 kategori kategori tuntas dan peningkatan nilai tugas proyek dari siklus I (80) kategori tuntas ke siklus II (83) kategori tuntas.
Abstract: SMPN 3 Probolinggo has a literacy program at the school culture; it has done smoothly but still needs strengthening. Science as a subject supports such that programs by implementing of writing learning journal after teaching learning process. The aims of this research is: 1) knowing the carried out of literacy model in science teaching learning process with learning journal to improve science literacy and science project. 2) Knowing the succesed of implementation of learning literacy cultur models with science learning journal. This research is a classroom action research has done in two cyrcles, cover students of grade VII.3 even semester, academic year 2019-2020. The result of the research: 1) the implementation of learning in the first cycle was 91% (very good) and the second cycle was 94% (very good). 2) There was an increase in the value of science literacy worksheet from cycles I 78 in the mastery category to the second cycle 95 in the mastery category and the increase in the value of science project from the first cycle (80) in the mastery category to the second cycle (83) in the mastery category
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqidah. (2009). Penerapan Pendekatan Konstektual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas V SD Negeri Kesek I Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan. Laporan Penelitian. Program studi S1 PGSD Universitas Terbuka.
Capacchione, Lucia. (1989). The Creative Journal for Children. Massachusset: Shanbhala Publication, Inc.
Johnstone, A.H & Letton, K.M. (1991). Practical Measure for Practical Work. Education in Chemistry, 28 (3):81-83.
Kurniawati, Z. L., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2015). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri Kota Batu pada Mata Pelajaran Biologi. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional dan Workshop Nasional Biologi dan Pembelajarannya ke-2. Jurusan Biologi FMIPA UM. Malang, 16-17 Oktober 2015.
Muhammad, Hasan. (2009). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Diskusi tentang Cara Meringkas Isi Buku pada Siswa Kelas V SDN Ba’engas 1 Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Laporan Penelitian. PGSD: Universitas Terbuka
Mulyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nuget, Gwen. Kunz, Gina. Levy, Richard. Harwood, David. Carlson, Deborah. (2008). The Impact of A Field-Based, Inquiry Model of Instruction on Preservice Theachers’ Science Learning and Attitudes. Electronic Journal of Science Edication. Vol.12, No 2 (2009).
Nurhadi. Yasin, Burhan. Senduk, Agus Gerrad. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Univeritas Negeri Malang.
O’Orouke, Rebecca. (1998). The Learning Journal: From Chaos to Coherence. Assesment and Evaluation in Higer Education. ProQouest Education Journal. Dec 1998. 24, 4 Pg. 403
Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sabilu, Murni. (2008). Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Multistrategi terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMA Negeri 9 Malang. Tesis tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulaeman, (1988). Teknologi/Metodologi Pengajaran. Jakarta: P2LPTK.
Susilo, Herawati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media Publisihing.
Zubaidah, Siti, Susriyati Mahanal, Lia Yuliati, Darsono Sigit (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/NTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.