PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MATERI SENI PATUNG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini memiliki 2 (dua) tujuan yakni: 1) menerapkan metode pembelajaran Demonstrasi pada pembelajaran Seni Budaya materi seni patung pada siswa kelas IXA di SMPN 4 Probolinggo dan 2) meningkatkan motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada pembelajaran Seni Budaya materi seni patung pada siswa kelas IXA di SMPN 4 Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Hasil test pada siklus 2 ini mencapai 30 siswa yang tuntas atau 100%. Rata-rata nilai test mencapai 82. Jika dibandingkan dengan hasil test pada siklus I maka jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan sebesar 100%. Nilai rata-rata test mengalami peningkatan dari 73 menjadi 82 atau meningkat sebesar 12,33%. Hasil pengamatan belajar siswa mengalami peningkatan secara keseluruhan dari 3,5 (siklus I) menjadi 4,2 (siklus II), atau meningkat 17,61%. Dalam pembelajaran Seni Budaya, motivasi siswa dari siklus I dan siklus II telah mengalami peningkatan. Motivasi telah mampu menggerakkan mental dan perilaku siswa dalam proses belajar Seni Budaya terutama Seni Patung yang menggunakan metode Demonstrasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijono. (2012). Demonstrasi Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Djemarin Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrume Tes & non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Endang Mulyaningsih. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Marsudi. (2016). Penerapan Metode Konstruktivistik dengan media File Gambar 3D untuk meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar.Jurnal pendidikan Teknologi dan Keguruan. Vo. 23 No. 1 : 17
Miftahul Huda. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muhibbin Syah (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Ngalim Purwanto. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.