BIMBINGAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Mendeskripsikan peningkatan kemampu-an guru kelas merencanakan pembelajaran dengan pendekatan saintific melalui supervisi akademik dengan bimbingan berkelanjutan di SD Negeri 1 Baru Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru kelas melaksanakan pembelajaran saintific melalui supervisi akademik dengan bimbingan berkelanjutan di SD Negeri 1 Baru Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan sekolah (PTS), masing-masing siklus meliputi 4 tahapan yaitu: (1)tahap perencanaan tindakan (planning); (2)tahap pelaksanaan tindakan (action); (3)tahap observasi (observing); dan (4)tahap refleksi (Reflecting). Hasil penelitian ini adalah: 1)Pelaksanaan penyusunan RPP pembelajaran saintific dapat meningkat secara signifikan melalui supervisi klinis dengan bimbingan berkelanjutan yang dilaksanakan melalui 2 siklus terjadi peningkatan rata-rata sebesar 9,64% dari siklus I ke siklus II sehingga kemampuan guru dapat meningkat dengan baik. 2)Pelaksanaan pembelajaran saintific dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan guru terbukti dari hasil siklus I ke siklus II meningkat sebesar 7,73% setelah dilakukan bimbingan berkelanjutan melalui supervisi klinis. 3)Pelaksanaan supervisi klinis dengan pendekatan bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran saintific di SDN 1 Baru Cabang Dinas Dikbud Kecamatan Arut Selatan pada semester 2 tahun 2019/2020.
Kata Kunci: Bimbingan Berkelanjutan, Kemampuan Guru, Pembelajaran Saintifik
Abstract: The objectives of this study are: 1) To describe the increase in the ability of classroom teachers to plan learning with a scientific approach through academic supervision with continuous guidance at SD Negeri 1 Baru for the 2019/2020 academic year. 2) Describe the increase in the ability of classroom teachers to carry out scientific learning through academic supervision with continuous guidance at SD Negeri 1 Baru for the 2019/2020 academic year. This research was conducted using the School Action Research (PTS) method, each cycle includes 4 stages, namely: (1) the planning stage; (2) the action stage; (3) the observation stage (observing); and (4) the reflection stage (Reflecting). The results of this study are: 1) The implementation of the preparation of scientific learning lesson plans can be significantly improved through clinical supervision with continuous guidance carried out through 2 cycles, there is an average increase of 9.64% from cycle I to cycle II so that the ability of teachers can improve properly . 2) Implementation of scientific learning can improve student learning outcomes and the ability of teachers is proven from the results of cycle I to cycle II increased by 7.73% after continuous guidance through clinical supervision. 3) The implementation of clinical supervision with a continuous guidance approach can improve the ability of teachers to plan and implement scientific learning at SDN 1 Baru Branch of the Education and Culture Office, Arut Selatan District in semester 2 of 2019/2020.
Keywords: Continuous Guidance, Teacher Ability, Scientific Learning
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Ametembun. (2003). Supervisi Pendidikan. Bandung: Sun.
Karmidi. (2008). Supervisi Klinis. Semarang: Mimbar Pendidikan.
Nana Sudjana. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sahertian. (2007). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.