MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI LKPD TEKA-TEKI SILANG
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa dengan pemberian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam bentuk TTS dalam pelajaran IPS di laksanakan di kelas IX-D SMPN 4 Probolinggo, semester 1, tahun pelajaran 2019-2020, dengan menggunakan 2 (dua )siklus. Obyek penelitian ini melibatkan 30 siswa Pengumpulan data di lakukan dengan lembar observasi untuk peningkatan belajar siswa dan untuk mengukur pemahaman siswa melalui uji pretes. Data untuk aktivitas siswa menggunakan rumus presentase dengan membandingkan pada indicator keberhasilan yang telah di tetapkan sedangkan uji tes di lakukan sebelum mendapat perlakuan dan setelah mendapatkan perlakuan. Hasil penelitian sebelum siswa mendapatkan perlakuan (pretes) 72,50 %,pada siklus I sebesar 75,33%, pada siklus II sebesar 80,166 %.
Kata Kunci: Motivasi Dan Prestasi Belajar, LKPD Teka-Teki Silang
Abstract: This classroom action research aims to increase student learning motivation and student achievement by providing Student Worksheets (LKPD) in the form of TTS in social studies conducted in class IX-D of SMPN 4 Probolinggo, semester 1, 2019-2020 academic year, with using 2 (two) cycles. The object of this study involved 30 students. Data collection was done with observation sheets to improve student learning and to measure student understanding through pretest tests. Data for student activity uses a percentage formula by comparing the success indicators that have been set while the test tests are carried out before receiving treatment and after receiving treatment. The results of the research before students get treatment (pretest) 72.50%, in the first cycle it is 75.33%, in the second cycle it is 80.166%.
Keywords: Motivation and Learning Achievement, Cross Puzzle LKPD
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (1999). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta
Hernowo. (2006). Menjadi Guru: Yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Kreatif. Bandung: MizanLearning Center.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inofatif Berorientasi Kontruktis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Refbacks
- There are currently no refbacks.