LAYANAN ORIENTASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIMBINGAN SOSIAL TATA KRAMA PERGAULAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar dalam bimbingan sosial tata krama pergaulan melalui layanan orientasi pada peserta didik kelas 7-G SMP Negeri 5 Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek yang diteliti adalah peserta didik kelas 7-G di SMP Negeri 5 Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 27 orang. Hasil aktivitas belajar bimbingan sosial tata krama pergaulan melalui layanan orientasi pada peserta didik kelas 7-G SMP Negeri 5 Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017 mengalami peningkatan yaitu proses dan hasil layanan sangat baik (skor 19) atau melebihi dari hipotesis (skor 11-15). Hasil prestasi belajar bimbingan sosial tata krama pergaulan melalui layanan orientasi pada peserta didik kelas 7-G SMP Negeri 5 Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017 mengalami peningkatan menjadi 100%.
Kata Kunci: Layanan Orientasi, Prestasi Belajar, Bimbingan Sosial, dan
Tata Krama Pergaulan
Abstract: This study aims to increase learning activity and achievement in social guidance on social manners through orientation services to 7-G grade students of SMP Negeri 5 Probolinggo in the 2016/2017 academic year. This type of research uses classroom action research. The subjects studied were 27 students of class 7-G at SMP Negeri 5 Probolinggo in the academic year 2016/2017. The results of learning activities for social guidance on social manners through orientation services for class 7-G students at SMP Negeri 5 Probolinggo for the 2016/2017 academic year have increased, namely the process and service results are very good (score 19) or exceed the hypothesis (score 11-15) . The results of learning achievement of social guidance on social manners through orientation services to 7-G class students of SMP Negeri 5 Probolinggo in the 2016/2017 academic year have increased to 100%.
Keywords: Orientation Services, Learning Achievement, Social Guidance, and
Social Manners
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amti, Erman. (1991). Layanan orientasi, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pemhinaan Tenaga Kependidikan. Jakarta.
Djumhur, M. Surya. 1975. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV. Ilmu.
Harahap, Nasrun, Dkk, (1979), Teknik Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Bulan Bintang
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University
Press.Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Nasution. (1992). Metode Research. Bandung: Jemmars
Prayitno, (2004), Pelayan Layanan orientasi Di Sekolah, Ghalia Indonesia, Jakarta.
M. Noor Syam, (1981). Pengatar Dasar-Dasar Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.