PENERAPAN MEDIA GAMBAR SARON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAINKAN ALAT MUSIK TRADISIONAL

Indi Kustiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019 dalam memainkan alat musik tradisional secara perorangan melalui media gambar saron. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilakukan dengan system kemitraan dengan guru serumpun sebagai observer. Peneliti bersama-sama dengan observer mengamati proses pembelajaran dengan media gambar saron. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan peserta didik meningkat dalam memainkan alat musik tradisional. Saat prasiklus siswa yang memiliki kemampuan tinggi sebesar 50%. Sedangkan pada siklus I sebesar 43,8%, dan siklus II meningkat menjadi 18,8%. Siswa yang memiliki kemampuan sedang pada prasiklus sebesar 3,1%. Sedangkan pada siklus I sebesar 31,3%, dan siklus II meningkat menjadi 53,1%. Siswa yang memiliki kemampuan rendah pada prasiklus sebesar 18,6%, untuk siklus I sebesar 6,3%, dan siklus II turun menjadi 15,6%. Paparan tersebut menggambarkan bahwa tindakan pembelajaran yang mengunakan media gambar saron mampu meningkatkan kemampuan memainkan alat musik saron siswa kelas VIII-A SMP Negeri 5 Probolinggo.

 

Kata Kunci: Media Gambar Saron dan Alat Musik Tradisional

 

Abstract: The purpose of this study is to describe the improving of students’ activity and achievements of Public Junior High School 5 Probolinggo in playing traditional musical instrument individually through the saron image media in the year of academic 2018/2019. The research method used in this study is Classroom Action Research (CAR) model of Kurt Lewin conducted with a partnership system as an observer. Furthermore, the results of this study show that the improving of students’ activity and achievements in playing traditional musical instrument, 50% in pre-cycle. Whereas in the first cycle it was 43.8%, and the second cycle increased 18.8%. Students have moderate level in pre-cycle is 3.1% in pre cycle. Whereas in the first cycle it was 31.3%, and the second cycle increased to 53.1%. Students have low level in the pre-cycle was 18.6%, for the first cycle it was 6.3%, and the second cycle decreased to 15.6%. The data describes that the learning activity using the saron image media is able to improve students’ ability to play the saron musical instrument of class VIII-A students of SMP Negeri 5 Probolinggo.

 

Keywords: Image Media Saron, Traditional Musical Instruments


Keywords


Image Media Saron, Traditional Musical Instruments

Full Text:

PDF

References


Dwi Siswoyo. Dkk. (2007). Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Yogyakarta : Diva Press.

Khuluq, Akhmalul.2015. Alat musik tradisional nusantara. Surabaya : PT Jepe Press Media Utama

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.