MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA TRAINER INJEKSI BENSIN DAN TEACHING AID AUDIO VISUAL PADA KOMPETENSI SISTEM INJEKSI BENSIN (EFI)

Yon Ansori

Abstract


Kegairahan dan hasil belajar siswa kelas XII TKR dalam memahami materi electronic fuel injection (EFI) dengan metode konvensional sangat rendah, sehingga penelitian ini bertujuan meningkatkan minat siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi EFI. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus dengan menggunakan trainer (konvensional),  menggunakan alat bantu pembelajaran teaching aid audio visual saja dan menggunakan trainer dipadukan dengan teaching aid audio visual . Subyek penelitian adalah 31 siswa kelas XII TKR tahun pelajaran 2013/2014. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dari siklus I , siklus II  dan siklus III minat siswa dalam mengikuti pembelajaran EFI mengalami peningkatan yang signifikan. Tinjauan ketuntasan dari hasil belajar siswa secara personal dari siklus I  61,29% pada  siklus II 87.1% dan pada siklus III menunjukkan peningkatan yang signifikan menjadi 93.55% , hasil belajar klasikal siklus I pada kriteria kurang dan sedang (6,50 – 7,50)  pada siklus II mencapai kriteria sedang dan baik (7,51 – 8,99), pada siklus III mencapai kriteria baik (7,51 – 8,99).  


Keywords


Minat belajar, hasil belajar, trainer injeksi bensin, teaching aid audio visual.

Full Text:

PDF

References


Dale, Edgar, audiovisual Methods in Teaching, Holt Rinehart and Winston, Inc., New York, 1965

Dikmenjur. Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kuruikulum Sekolah Menengah Kejuruan edisi 2004.

Djojonegoro, W. 1999. Pengembangan Sumber Daya Manusia, MelaluiSekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Elly, Cerlach, Teaching and Media A sistimatic Approach bay Printeice Fourth Edition, Mc Grown Hill Book Company, 1976

Iskandar, W. dkk. 1995. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: University Press IKIP Surabaya.

Kawan Lama, PT. 2005. Perlunya Scan Tool dalam Mendiagnosis Kerusakan EFI System. Surabaya: PT. Kawan Lama.

Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Riyanto. 1994. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Waktu Pemberian Balikan terhadap Hasil Belajar Keterampilan Psikomotorik. Skripsi. Universitas Negeri Malang: Tidak diterbitkan.

Sonhadji. 2000. Alternatif Penyempurnaan Pembaharuan PenyelenggaraanPendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Makalah disajikan pada Studi tentang Pengkajian Pendidikan Kejuruan dan Teknologi. Semarang 11-30 Juni 1990.

VEDC. 1996. Sistem Injeksi Bensin. Modul VEDC. Malang: Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.