PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH POLA BILANGAN KELAS VII SMP NEGERI 5 PROBOLINGGO SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014 /2015

Ngatman Ngatman

Abstract


Untuk mendapatkan prestasi siswa yang tinggi pada mata pelajaran matematika, maka diperlukan partisipasi aktif dari siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu ada model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dan aktif. Siswa harus diberdayakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa tersebut adalah model pembelajatan kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam memecahksn masalah Pola Bilangan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dan masing-masing silkus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Subyek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 5 Probolinggo sebanyak 26 anak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah Pola Bilangan terutama dalam hal kerja tim, keaktifan siswa dalam pelaksanaan presentasi kelas, keberanian dalam bertanya dan menanggapi presentasi kelompok lain. Situasi pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan dapat membantu meningkatkan motivasi dan kemmapuan siswa dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

Full Text:

PDF

References


Eva. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Multi Media Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Pelangi, XVI (Juni 2014):39-42.

Nurmaita, Isra. 2011. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Setting Out Door Mathematics Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Berbah. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.

Slavin, Robert. E. 2005. Teori Riset dan Praktik. Lita. 2009. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2010. Menyusun Karya Tulis Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. Bekasi: LPP Binamitra.

Tim Pengembang LPMP Jatim dan PSMS UNESA. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika sekolah unesa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats