IMPLEMENTASI ANALISIS KRITIS BACAAN DAN UMPAN BALIK JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 5 KOTA PROBOLINGGO

Toni Gigih Pradono Ali

Abstract


Tingkat pemahaman siswa SMP mampu berfikir secara simbolis jadi bisa dibiasakan belajar melalui informasi tertulis. Siswa dikenalkan kegiatan analisis kritis bacaan, tetapi membaca tidak mudah karena itu perlu umpan balik terhadap jurnal belajar. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2011/2012. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 73% (cukup) dan pada siklus II sebesar 77% (baik). Implementasi pembelajaran dapat meningkatkan pengetahuan siswa, siklus I sebesar 76 dan siklus II sebesar 78, tetapi pada aspek keterampilan terjadi penurunan rata-rata, yaitu pada siklus I nilai 82 (baik) menjadi nilai 80 pada siklus II walaupun tetap dalam kategori baik.


Keywords


Analisis kritis, jurnal belajar, pengetahuan, keterampilan.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2004. Panduan Pengembangan Silabus IPA. Jakarta. Ditjen Dikdasmen.

Hidayanto, Dwi Nugroho. 2001. Belajar Keterampilan Berbasis Keterampilan Belajar (Learninf Skill Based Skill Learning). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 037. Tahun ke-8. Juli 2002. Hal 562-574)

O’Orouke, Rebecca. 1998. The Learning Journal: From Chaos to Coherence. Assesment and Evaluation in Higer Education. ProQouest Education Journal. Dec 1998. 24, 4 Pg. 403

Santana, Josefina. 2003. Moving Towards Metacognition. Panamericana. Guadalajara.

Susilo, Herawati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media Publisihing.

Sutadipura, Balnadi. 1985. Aneka Problema Guru. Bandung. Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats