PERMAINAN BONGKAR PASANG (CROSSWORD) PUZZLE SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PEMAHAMAN STRUKTUR TEKS KELAS VII DI SMP NEGERI 9 KOTA PROBOLINGGO

Lilik Herawati

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.B di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo dengan jumlah siswa 27 orang. Materi penelitian adalah penerapan permainan bongkar pasang (crossword) puzzle sebagai media peningkatan pemahaman struktur teks pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran menggunakan permainan bongkar pasang (puzzle) tentang memahami struktur teks meningkat walaupun belum semua siswa memahami struktur teks. Pada siklus I yang memperoleh biji/skor 60= 1 (satu kelompok) atau 3 siswa/kelas = 11,11 %. Yang memperoleh biji/skor 40 = 2 (dua kelompok ) atau 6 siswa/kelas = 22,22 %. Dan yang memperoleh biji/skor 20 = 6 (enam kelompok) atau18 siswa/kelas = 66,66 %. Pada siklus II ini masih rendah tetapi sudah ada peningkatan dalam memahami struktur teks setelah latihan yang pertama. Yang memperoleh biji/skor 60 = 2 (satu kelompok) atau 6 siswa/kelas = 22,22 %. Yang memperoleh biji/skor 40 = 3 (dua kelompok) atau 9 siswa/kelas = 33,33 %. Dan yang memperoleh biji/skor 20 = 4 (enam kelompok) atau 12 siswa/kelas = 44,44%. Pada siklus ketiga 55,55 % betul semua, 33,33 % sebagian besar betul dan 11,11 % yang sebagian kecil yang benar)

Keywords


Bongkar pasang puzzle, struktur teks.

References


Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Cita Aditya bakti

Permendikbud nomor 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Kurikulum 2013 SMP.

Srianis, Komang dkk. 2014. Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 2 No 1 Tahun 2014.

Sutanto. 2007. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats