STRATEGI COOPERATIVE INTEGREATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTATIF DI SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO

Umi Nurhidayati

Abstract


Pembelajaran keterampilan berbahasa mencakup aspek meniyamk, berbicara, membaca, dan menulis. Banyak siswa mengalami kendala  dalam keberhasilan menulis. Strategi CIRC (Cooperative Integreted Reading and Composition) yang mengarah pada cakupan menulis kolaborasi (colaborative writing) dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar menulis paragraf argumentasi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada siklus I yang tuntas belajarnya sebesar 74,07% dan siswa yang belum tuntas sebesar 25,92%. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebesar 92,59% dan siswa belum tuntas belajar sebesar 7,4%.

 


Keywords


CIRC dan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentatif.

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2008. Pokoknya Menulis:Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Departemen Pendidikan Nasional: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Nurulita. 2008. Bandung: Nusa Media.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats