UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN BANTUAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO

Sri Hardini Nawangsasi

Abstract


Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menggambar teknik dengan bantuan media audio visual pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan keterampilan dalam menggambar teknik dengan menggunakan media audio visual siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I kekompeten mencapai 83,7% dan pada siklus II kekompeten mencapai 88,6% meningkat 4,9%. Kendala-kendala yang dihadapi adalah siswa kurang aktif dan tidak membawa peralatan gambar lengkap. Cara mengatasinya dengan pengkondisian kelas agar pada saat pembelajaran siswa sudah siap dan memberikan motivasi agar siswa lebih aktif dalam menggambar agar terampil. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menggambar teknik pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo 

 

 


 

Keywords


Keterampilan menggambar teknik dan audio visual

Full Text:

PDF

References


Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurani, Tri. 2015. Penggunaan Media Audio Visual Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Standar KompetensiMengoperasikan Aplikasi Presentasi (Studi Pada Siswa Kelas XI APK 3 SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi. Universitas Negeri Malang, Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen.

Rina, Dwika Nor. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Intensif Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Animasi Audio Visual Pada Kelas V SDN 2 Pangkalan Rekan Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi PGSD.

Rukhiyanto, Rokhis. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual Dengan Metode Video Critic Pada Peserta Didik Kelas VII D SMP N 2 Welahan Kabupaten Jepara. Thesis, Universitas Negeri Semarang. Fakultas Bahasa dan Seni, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sadiman, Arif S., dkk. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran: Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba.

Soeharto, Alfabet Karti., dkk. 2003. Tehnologi Pembelajaran: Pendekatan Sistem, Konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar dan Media. Surabaya: SIC.

Supriyanto, Aksara. 2009. Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats