MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENDESKRIPSIKAN UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL TEKA TEKI SILANG

Trisiwi Purwantari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif model Teka Teki Silang pada siswa kelas 9A SMP Negeri 4 Probolinggo Tahun Pelajaran 2015-2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan penelitian menggunakan dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teka Teki Silang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dari 24 siswa pada siklus II mencapai 100% yang melalpaui KKM dan pada siklus I siswa yang melampaui KKM hanya 58,33%.

 

 


Keywords


Uang dan Lembaga Keuangan, Teka Teki Silang

Full Text:

PDF

References


Djamarah. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Munir, Rinaldi, Matematika Diskrit, Penerbit Informatika, 2005.

Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Nia Hidayat. 2009. http://niahidayati.net/manfaat-teka-teki-silang-sebagai-penambah-wawasan-dan-mengasah-kemampuan.html. Diakses 20 Oktober 2015, 19:21.

Oemark, Hamalik. 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimin Arikunto. 2006 Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.