PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING

Kamsi Arianto

Abstract


Abstrak: Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal penting yang harus
dilatihkan kepada siswa. Banyak penelitian tentang upaya peningkatan
kemampuan pemecahan masalah, namun belum menyentuh bagaimana proses
berpikir siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini mengkaji proses
berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah ketika mendapatkan scaffolding.
Pemberian scaffolding mengacu pada tiga tingkat scaffolding (Anghileri, 2006).
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa proses berpikir siswa dalam pemecahan
masalah bersifat unik, dan secara umum dapat berkembang dengan pemberian
scaffolding. Banyaknya scaffolding yang diperlukan tergantung pada masingmasing individu. Guru disarankan untuk memahami proses berpikir siswa dalam
pemecahan masalah, sehingga dapat memberikan bantuan yang diperlukan
siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam pemecahan masalah.


Keywords


Proses berpikir, pemecahan masalah, dan scaffolding.

Full Text:

PDF

References


Anghileri, Julia. 2006. Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher

Education.

Gary L dan William F., 1991.Mathematics for Elementary Teachers. New York: Macmillan Publishing Company.

Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lambas, dkk, 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi. Dirjen Pendidikan

Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Lutfiyah. 2009. Proses Berpikir Siswa Dalam Mengkonstruksi Pengetahuan Himpunan Melalui Aktivitas Think Pair Share. Tesis. Malang: Program Pascasarjana Universitas

Negeri Malang. Tidak dipublikasikan.

Moleong, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Remaja

Rosda Karya.

Polya, G. 1973. HOW TO SOLVE IT. Princeton University Press. Resnick, Lauren B., 1981. The Psychology of Mathematics for Instruction. Lawrence Erlbaum Associates.

Subanji, 2007. Proses Berpikir Penalaran Kovariasional Pseudo Dalam Mengkonstruksi Grafik Kejadian Dinamikan Berkebalikan. Disertasi tidak dipublikasikan, Surabaya: Program Pascasarjana UNESA

Suherman, dkk, 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI. Wu, Margaret. 2006, Vol. 18, No. 2, 93

- 113. Modelling Mathematics Problem Solving Item Responses Using a Multidimensional IRT Model. University of Melbourne.

athematics Education Research Journal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats