PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING
Abstract
dilatihkan kepada siswa. Banyak penelitian tentang upaya peningkatan
kemampuan pemecahan masalah, namun belum menyentuh bagaimana proses
berpikir siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini mengkaji proses
berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah ketika mendapatkan scaffolding.
Pemberian scaffolding mengacu pada tiga tingkat scaffolding (Anghileri, 2006).
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa proses berpikir siswa dalam pemecahan
masalah bersifat unik, dan secara umum dapat berkembang dengan pemberian
scaffolding. Banyaknya scaffolding yang diperlukan tergantung pada masingmasing individu. Guru disarankan untuk memahami proses berpikir siswa dalam
pemecahan masalah, sehingga dapat memberikan bantuan yang diperlukan
siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam pemecahan masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anghileri, Julia. 2006. Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher
Education.
Gary L dan William F., 1991.Mathematics for Elementary Teachers. New York: Macmillan Publishing Company.
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Lambas, dkk, 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi. Dirjen Pendidikan
Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Lutfiyah. 2009. Proses Berpikir Siswa Dalam Mengkonstruksi Pengetahuan Himpunan Melalui Aktivitas Think Pair Share. Tesis. Malang: Program Pascasarjana Universitas
Negeri Malang. Tidak dipublikasikan.
Moleong, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Remaja
Rosda Karya.
Polya, G. 1973. HOW TO SOLVE IT. Princeton University Press. Resnick, Lauren B., 1981. The Psychology of Mathematics for Instruction. Lawrence Erlbaum Associates.
Subanji, 2007. Proses Berpikir Penalaran Kovariasional Pseudo Dalam Mengkonstruksi Grafik Kejadian Dinamikan Berkebalikan. Disertasi tidak dipublikasikan, Surabaya: Program Pascasarjana UNESA
Suherman, dkk, 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI. Wu, Margaret. 2006, Vol. 18, No. 2, 93
- 113. Modelling Mathematics Problem Solving Item Responses Using a Multidimensional IRT Model. University of Melbourne.
athematics Education Research Journal
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id