MODEL PEMBELAJARAN TPS BERMEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA

Kadek Agus Jaya Pharhyuna A.M.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan motivasi berprestasi
siswa; dan meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa melalui penerapan
model pembelajaran TPS bermedia komik. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI UPW A SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Data
motivasi belajar dan respon siswa diperoleh dengan menggunakan angket
sedangkan data prestasi belajar Bahasa Inggris siswa diperoleh dengan
menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik
deskriptif. Hasil analisis menunjukkan: (1) motivasi berprestasi siswa meningkat
dari skor rata-rata 67,53% pada siklus I menjadi 75,66% pada siklus II; (2) hasil
belajar Bahasa Inggris siswa meningkat dari skor rata-rata 7,18 pada siklus I
menjadi 7,61 pada siklus II, ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 63,16%
pada siklus I menjadi 86,84% pada siklus II atau mengalami peningkatan
sebesar 37,50%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model
pembelajaran TPS bermedia komik dalam pelajaran Bahasa Inggris dapat
meningkatkan motivasi berprestasi siswa dan hasil belajar.

 


Keywords


TPS, komik, motivasi berprestasi, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ardhana. 1990. Atribusi Terhadap Sebab-sebab Keberhasilan Serta Kegagalan Serta Kaitannya dengan Motivasi Untuk Berprestasi. Malang: IKIP Negeri Malang.

Fogarty dan Robin. 1996. Think/Pair/Share. [Online]. Tersedia: www.Broward kl2.fl.us/Ci/Whatsnew/strategies and such/ strategies/thinkpairshare.html. [10 Januari 2013]

ILO (International labor Organization. 2012. Voices of youth: Facing the global challenge on youth employment. [Online]. Tersedia: http://www.ilo.org/jakarta/info/public/pr/WCMS_176887/langen/index.htm. [8 Januari 2013]

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003. Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menegah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2010 ”Tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah Dan Ujian Nasional Pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, Dan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2010/2011”.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif dan R&D (7th ed). Bandung. Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Th.2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.