MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SDN INPRES 6/80 WANGURER DALAM MENYUSUN RPP DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI INDIVIDUALIZED INSTRUCTION

Noch Tulung

Abstract


Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah tiga siklus. Subjek penelitian adalah 7 orang guru SDN Inpres 6/80 Wangurer, Kelurahan Wangurer Timur Kecamatan Madidir Kota Bitung Sulawesi Utara pada tahun 2017/2018. Tujuan penelitian tindakan ini adalah agar guru di SDN Inpres 6/80 Wangurer, Kelurahan Wangurer Timur Kecamatan Madidir Kota Bitung Sulawesi Utara dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini, adalah: (1)Bagi guru memperoleh pengalaman belajar dan dapat menambah wawasan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif dengan benar. (2)Bagi sekolah terdapat tenaga pendidik yang professional. Hasil penelitian pada siklus I adalah kemampuan guru di SDN Inpres 6/80 Wangurer, Kelurahan Wangurer Timur Kecamatan Madidir Kota Bitung Sulawesi Utara dalam menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan Pendekatan Kooperatif secara keseluruhan dikategorikan masih dalam klasifikasi cukup atau belum baik, yaitu 75,81. Pada siklus II, 100% guru berhasil dengan klasifikasi baik, yaitu nilai rata–rata 90,67. Pada siklus III hasil penilaian dikategorikan klasifikasi sangat baik, yaitu 96,76.

 

 


Keywords


Kemampuan guru menyusun RPP dengan pendekatan pembelajaran kooperatif.

Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Rachmawati, Tutik. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogjakarta: Gava Media.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2012. Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mantja, W. 2007. Profesionalisme Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidkan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Elang Mas.

Mustaji dan Sugiarso. 2017. Pengelolaan Pelatihan Upaya Peningkatan Kinerja dalam Bidang Bisnis dan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sudarmanto. 2017. Model–Model Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Sunrise.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.