PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TEKNIK ESTAFET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BERAKSARA JAWA
Abstract
Permasalahan yang muncul di SMP Negeri 9 Probolinggo dalam mata pelajaran Bahasa Jawa dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya mayoritas siswa SMP Negeri 9 Probolinggo menggunakan bahasa Madura sebagai alat komunikasi sehari-hari, ketercapaian setiap indikator dalam satu Kompetensi Dasar masih banyak yang belum mencapai KKM. Dalam Kompetensi Dasar Menulis Huruf Jawa, yaitu dalam menulis kalimat menggunakan huruf Jawa siswa SMP Negeri 9 kota Probolinggo nilainya masih banyak yang dibawah KKM dikarenakan siswa SMP Negeri 9 Kota Probolinggo ini banyak yang masih belum hafal aksara, sandangan, dan pasangan. Selain faktor siswa itu sendiri berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Untuk itu untuk mengatasi permasalahan mengatasi salah satu permasalahan digunakan suatu metode pembelajaran yang berbasis PAIKEM ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan), disini peneliti mencoba untuk menggunakan metode demonstrasi teknik estafet untuk meningkatkan keterampilan menulis menggunakan huruf Jawa dalam pemakaian aksaranya, sandangannya, dan pasangannya. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan selama tiga putaran. Sumber Data penelitian ini adalah siswa Kelas VIII F SMP Negeri 9 Kota Probolinggo, sejumlah 24 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
BSNP. 2006. Standar Isi: Keputusan Menteri No. 22, 23, 24 Tahun 2006.
Citra Jaya Murti Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remajan Rosdakarya. Padmosoekotjo, S .1986. Paramasastra Jawa. Surabaya: Citra Jaya Murti
Padmosoekotjo, S. 1992. Panulise Basa Jawa Nganggo Aksara Jawa. Surabaya: PT
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya Sukristanto. 2002. Menulis sebagai Sarana Berpikir Kritis Para Siswa. Dalam Sujarwanto(Ed), Bahasa dan Sastra Indonesia Menuju Peran Transformasi Sosial Budaya Abad XXI (halaman 549-558). Yogyakarta: Gama Media
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo petunjuk pelaksanaan belajar mengajar kurikulum 1994 (Depdikbud, 1994)
Refbacks
- There are currently no refbacks.