PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE INKUIRI TERBIMBING DI KELAS IX A SMPN-2 ARUT SELATAN

Dwi Saraswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IXA SMPN-2 Arut Selatan tahun pelajaran 2018/ 2019 pada mata pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus menggunakan metode inkuiri terbimbing pada materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan keaktifan siswa pada siklus I dan siklus II yang meliputi melakukan pengamatan/ penyelidikan 56,25% meningkat menjadi 65,63 %; membaca dengan aktif (menggarisbawahi/ membuat catatan kecil) 68,75% meningkat menjadi 75%; mendengarkan dengan aktif (menunjukkan respon) 81,25% tetap 81,25%; mengemukakan pendapat/ bertanya kepada teman atau guru 25% meningkat menjadi 50%. Peningkatan hasil belajar siswa juga terlihat pada peningkatan ketuntasan, yaitu pada pratindakan 40,63% meningkat pada siklus 1 menjadi 75% dan pada siklus 2 menjadi 84,34%. Nilai KKM ditetapkan sebesar 69. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri terbimbing (1) aktivitas belajar siswa lebih meningkat (2) hasil belajar siswa meningkat.


Keywords


Aktif, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Departemen Pendidikan Nasionsl, 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta. Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 SMP Pedoman khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas Hamalik, Umar, (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Askara. Herliani, Elly. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: (PPPPTK IPA) Ibrahim, Muslimin, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press. Nasution,S., 2007. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara. Sardiman, 2005. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sukardi. 2006. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats