KAJIAN PENERAPAN LITERASI MEMBACA HASIL PISA 2012 DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK

Umi Nurhidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan buku teks EDA kelas XI dari aspek (1)kualitas isi, (2)kualitas penyajian, (3)kualitas bahasa, dan (4) relevansi dengan literasi membaca beracuan hasil PISA 2012. Hasil penelitian ini adalah penerapan kualitas isi buku teks EDA yang diukur dari aspek kesesuaian dengan silabus KI-KD, penerapan kesesuaian isi yang berfokus pada keakuratan materi, aspek pendukung materi pembelajaran yang mengacu pada kesesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan aspek pendukung materi pembelajaran yang berfokus pada kesesuaian contoh memiliki kriteria baik sekali. Kualitas penyajian buku teks EDA kelas XI memiliki kriteria baik pada pelajaran 1 sedangkan pelajaran 2 s.d. pelajaran 5 memiliki kualitas penyajian dengan kriteria baik sekali. Kualitas bahasa pada buku teks EDA kelas XI dengan aspek kesesuaian tingkat perkembangan intelektual peserta didik, komunikatif, serta keruntutan dan kesatuan gagasan memiliki kriteria baik pada semua pelajaran. Adapun keterbacaan buku teks dengan hasil analisis tes cloze pada teks cerpen dan teks eksplanasi kompleks berkategori sedang dan biografi memiliki kategori mudah, serta ulasan film memiliki kategori sulit. Kisi penilaian literasi membaca beracuan hasil PISA 2012 dalam buku teks EDAkelas XI dengan spesifikasi penugasan yang memiliki persentase paling besar adalah level 1a yakni mengacu pada penilaian menentukan satu atau lebih informasi yang disebutkan secara eksplisit.

Keywords


Penerapan Buku Teks, Literasi Membaca, Hasil PISA 2012.

Full Text:

PDF

References


Chiappetta El & DA Filman. 2007. Analysis of Five High School

Biology Textbooks Used in The United States For Inclusion Themes

Covered in Zambian High School Biology Curriculum. International Journal of Environment & science Education 3 (4): 207-220.

Dauglas H, Brown. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran

Bahasa. Edisi kelima. Terjemahan. Jakarta: Pearson Education.Inc.

Hammond et al., 1992. Engish for Specific Purposes : A Handbook for Teachers of Adult Literacy. Sydney: NCELTR.

Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik

unttuk SMA/SMK Kelas XI Semester Gasal. Jakarta:

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.__. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMA/MAK Kelas XI Semester Genap. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kern, R. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford

University Press.Richard, Jack C. 2002. Metodology in Language Teaching. Cambridge.University Press

Tomlinson, Brian. 2008. English Language Learning Materials: A

Critial R Review. London:Continum Books.

[BSNP] BadanStandar Nasional Pendidikan. 2006. Instrumen

Penilaian Tahap II Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia

SMA/MA. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

[OECD] Organisation for Economic Cooperation and Development.2010. PISA 2009 Result: Executive Summary. Paris:

Andre-Pasca. On line at http://www.oecd.org/PISA/pisa

products/46619703.

[OECD].2014. PISA 2012 Result: What Student Know and Can Do. Student Performance in Mathematics, Reading Science. (Volume I,

Revised Edition, February 2014),PISA, OECD Publishing.

http://dx.doi.org/10.1787892642 01118-en


Refbacks

  • There are currently no refbacks.