PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TWO STAY TWO STRAY MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Alwiyah Alwiyah

Abstract


Penelitian ini menggunaan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) sebanyak dua putaran. Subjek penelitian ini adalah guru Biologi di SMA Negeri 1 Tinangkung kabupaten Bangkep tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 6 orang guru. Hasil penelitian didapatkan bahwa supervisi akademik mempunyai pengaruh positif dalam peningkatan profesionalisme guru. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif Model Two Stay Two Stray. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan siswa pada siklus II dari siklus I. Pada mata pelajaran Matematika meningkat 6%, mata pelajaran Fisika meningkat 12%, mata pelajaran Biologi mpeningkat 22%, mata pelajaran Bahasa Inggeris meningkat 25%, mata pelajaran Bahasa Indonesia meningkat 15%, dan mata pelajaran Geografi meningkat 11%

Keywords


Profesionalitas guru, two stay two stray dan supervisi akademik

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan

Sekolah. Yogjakarta: Gava Media.

Johson, David W., dkk. 2004. ColaborativeLearning: Strategi

Pembelajaran Untuk Sukses Bersama. Alih bahsa oleh Nur Lita Yusron. 2010. Bandung: Nusa Media.

Lie, Anita, 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Ngantung, Mediatrix Maryani. 2017. Peningkatan Kualitas Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Supervisi Akademik di SMA Negeri 9 Manado Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pro Guru. Volume 3 Nomor2, April 2017. ISSN: 2442–2525.Probolinggo: Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching

And Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK.

Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional

Pendidikan.

Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007,

Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta:

Kemendiknas.

Purwanto, Ngalim M. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan.

Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rosilawati, Titik. 2015. Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan. Vol. 2 No. 1. Juni 2015. Semarang: Forum Pengkajian Manajemen Pendidikan.

Sudarmanto. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Penelitian

Tindakan Kelas. Yogjakarta: Sunrise.

Sudjana, Nana., dkk. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat

Pengembangan Tenaga Kependidikan, BadanPSDMdanPMP. Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suhertian, Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats