PENERAPAN EFEKTIFITAS PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP ETOS KERJA MANDIRI GURU

Mohamad Zaini

Abstract


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dalam dua putaran atau dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari guru-guru SMA Negeri 3 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 46 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan hasil pembinaan kedisiplinan terhadap etos kerja mandiri guru di SMA Negeri 3 Kota Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etos kerja mandiri di SMA Negeri 3 Kota Probolinggo adalah memuaskan dan berdampak baik dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas

Keywords


Pembinaan kedisiplinan dan etos kerja mandiri guru

Full Text:

PDF

References


Amanda, Mentari Ocvilia., dkk. 2016. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Makalah Seminar Nasional “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global” Kerjasama: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia Grand Clarion Hotel, Makassar, 29 Oktober 2016. Astuti, Suhandi. 2016. Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SD Laboratorium UKSW. Jurnal Scholaria, Vol. 6, No. 1, Januari 2016. Salatiga: FKIP UKSW Salatiga. Djatmiko, Eko. 2006. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Semarang. Jurnal Fokus Ekonomi. Vol. 1 No. 2 Desember 2006. ISSN: 19076304.

Ghani, A. Abd. Rahman. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Depok: Rajagrafindo Persada.

Gie, The Liang. 1985. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.

Purwanto, M. Ngalim. 2013. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaful. 2000. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta.

Soetjipto dan Kosasi, Raflis. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: Asdi Mahasatya. Suhertian, Piet. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarni Farida, 2003, Kedisiplinan Sebagai Motivator Kerja Mandiri, Pusat Kajian YLKI, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.