MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN INKUIRI

Budiman Budiman

Abstract


Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran Pengelolaan Administrasi Perpajakan melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI AK-1 SMKN 2 Palu Tahun Pelajaran 2017–2018 berjumlah 39 orang siswa. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 60,64% pada siklus I, dapat meningkat menjadi 70,64% pada siklus II, dan siklus ke III 82,13%. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa motivasi siswa ada peningkatan sehingga hasil belajar siswa pada pelajaran Pengelolaan Administrasi Perpajakan melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) meningkat dengan ketuntasan mencapai 97,50  %.

Keywords


Berfikir kritis, hasil belajar dan Problem Based Instruction.

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, M. dan Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press. Indarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya : Unesa University Press.

Moleong, Lexy Johannes. 2003. Metodologi Penelitian Kuaitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar Dan Factor–Factor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta. Sudarmanto. 2018. Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Sunrise.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2015. Mendesai Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakrta: Prenada Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.