MEDIA KARTU PUTAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SMP 9 PROBOLINGGO

Isnuri Hidayati

Abstract


IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Di lapangan hasil belajar peserta didik belum sesuai harapan. Melalui penelitian tindakan kelas ini penulis menggunakan media kartu putar dalam model pembelajaran STAD, bertujuan meningkatkan hasil belajar. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan dokumentasi.  Hasil  belajar dinyatakan meningkat apabila yang capaian lebih baik dari pada sebelumnya.  Hasil penelitian menunnjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan Media Kartu Putar dalam Model Pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar

Keywords


Hasil belajar, media kartu putar, model pembelajaran STAD

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad, 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo:

Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Bachman, Edmund, 2005. Metode Belajar Berpikir Kritis dan Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung : Yrama Widya.

Dasna, I Wayan, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas & Penulisan Karya Ilmiah. Malang: PSG Rayon 15.

Krisna, 2007. 12 Rahasia Pembelajaran Cemerlang. Bandung: Kolbu.

Maslich, Mansur. 2013. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muchtar dan Rusmini. 2008. Pengajaran Remidial: Teori dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Jakarta: Nimas Multima: Mulyasa. 2006. Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, Mohamad, 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Universitas Negeri Surabaya.

Sanjaya, Wina, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Strandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, Ali. 2007. Anak Berbakat: Bagaimana Cara Mengetahui dan Membimbingnya. Jakarta: Gema Insani.

Widodo, Wahono, dkk. 2016. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Yamin dan Ansari. 2008. Taktik Pengembangan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.