MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KLINIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ebrahim, Ali. (2012). The Effect of Cooperative Learning Strategies on Elementary Students’ Science Achievement and Social Skills in Kuwait. International Journal of Science and Mathematics Education. 10,293-314.
Hasibuan dan Moedjiono. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Iriyani, Dwi. 2008. Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Didaktika, Vol.2 No.2 Maret 2008: 278-285.
Maunah, Binti. 2013. Pembinaan Guru dengan Pendekatan Supervisi Klinis. Didaktia. Vol. 1 No. 2. DOI: 10.30762/didaktika.v1.i2.p%p.201 3.
Pane, Aprida & Dasopang, Muhammad Darwis. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 03 No. 2 Desember 2017. e-ISSN: 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997. Permendiknas No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses.
Piola, Marwiyah H. 2016. Meningkatkan Kemampuan Guru SD Negeri 49 Manado Dalam Merencanakan Pembelajaran Pakem Melalui Supervisi Pengajaran. Jurnal Ilmiah Pro Guru. Vol. 2 No. 3, Juli 2016. ISSN: 2442 – 2525. Probolinggo: Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.
Purwanto, M. Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cetakan ke–sembilan belas.Bandung: Remaja Rosda Karya. Rosilawati, Titik. 2014. Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan. Vol. 1 No. 2, Oktober 2014. ISSN 2355-9683. Semarang:
Sahertian, P. A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komperhensif. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.