PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEAR (DISCOVERY LEARNING) BAMBOO STORY

Anita Prasasti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dan bamboo story. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Probolinggo sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran meningkat melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dan bamboo story. Pada siklus I keaktifan siswa sebesar 75,83%, pada siklus II meningkat menjadi 89,48%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I hanya 68% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal, tetapi pada siklus II meningkat menjadi 100%

Keywords


Keaktifan, hasil belajar, discovery learning, dan bamboo story

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Akuntansi SMA & MA.Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model – model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:CV Alfabeta

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Undang–Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wulandari, Dwi Febrina. 2016. Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Boga Dasar di SMKN 3 Magelang. Yogyakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats