PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN KANIGARAN 6 KOTA PROBOLINGGO

Rusmiatin Rusmiatin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kanigaran 6. Sasaran perubahan adalah motivasi belajar siswa, sedangkan variabel tindakannya adalah model Problem Based Learning. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kanigaran 6 yang memiliki motivasi belajar rendah (kurang). Siswa kelas IV terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data digunakan teknik dokumen, teknik tes, catatan lapangan, observasi, wawancara dan angket motivasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian pada siklus I, rata-rata nilai angket motivasi siswa sebesar 74,85 (dalam kategori sedang), untuk materi pengaruh gaya terhadap benda, nilai rata-rata kelas siswa 73,75 (dalam kategori cukup) dengan persentase siswa yang memperoleh nilai di atas SKM adalah 55,88%. Pada siklus II, dengan materi yang sama menunjukkan peningkatan yaitu nilai rata-rata angket motivasi adalah 83,56 (kategori baik) dengan nilai hasil evaluasi IPA rata-rata sebesar 81,91 dengan presentase siswa yang mendapat nilai di atas KKM adalah 88,23%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi, bahwa pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kanigaran 6 Kota Probolinggo

Keywords


Model Problem Based Learning, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara Bharata.

St.Y Slamet dan Suwarto. 2007. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Jember : FKIP Unej Press.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Hamzah. 2006. Teori Kinerja dan Pengukirannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Joni, Raka. 1993. Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya Offest.

Lapono, Nabisi., dkk. 2008. Belajar & Pembelajaran SD. Jember: FKIP Universitas Negeri Jember.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Sutrisno, Leo., dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta : Dikti.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstrutivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Sistem Nasional. Jakarta.

Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats