MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS D3-C DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CD INTERAKTIF ABACADA DI SLB-C NEGERI PEMBINA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Ratna Djuwita Rini

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mendeskripsikan pengguanan media CD Interaktif ABACADA dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan pada siswa Tunagrahita Ringan kelas D3-C di SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan. Proses penggumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui metode dokumentasi, observasi dan wawancara.  Hasil penelitian ini bahwa guru telah menjalankan fungsinya sebagai kunci utama dalam proses pembelajaran. Guru telah melakukan inovasi pembelajaran yang mencangkup penemuan dan pemanfaatan media pembelajaran, pengelolaan kelas, dan mengatur strategi pembelajaran dengan baik. Dengan penggunaan media CD Interaktif ABACADA dapat memotivasi siswa dalam proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan di SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan. Berdasarkan data tersebut dapat digambarkan bahwa 33,3% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal dalam KTSP SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan adalah 80% siswa memperoleh hasil nilai 6,0.

Keywords


Membaca menulis permulaan, Tunagrahita, CD Interaktif ABACADA

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni. Alimin, Zaenal. 2011. Model Pembelajaran Anak Tunagrahita {Intellectual Disability) Melalui Pendekatan Konseling. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak berkebutuhan khusus. Anakku » Volume 10: Nomor 2 Tahun 2011. ISSN: 1412 – 0227. Apriyanto, Nunung. 2012. Seluk Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Indrawati, Titin. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Anak Tunagrahita Implementation Of Mental Retardation Children Learning.

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 14 Tahun ke-5. Iskandar.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press Kasbolah, E.S. Kasihani dan Sukarnyan, I Wayan. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Universitas Negeri Malang. Marthan, Lay Kekeh. 2007. Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Mumpuniarti. 2007. Pembelajaran Akademik Bagi Tunagrahita. Buku Pegangan Kuliah Jurusan PLB-FIPUNY. Yogyakarta: FIP-UNY Rochyadi, Endang dan Alimin, Zaenal. 2005. Pengembangan Program Pembelajaran Individual babgi Anak Tunagrahita. Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional RI.

Thobroni, Muhammad dan Mustofa, Arif. 2013. Belajar & Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembengunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Wardani, , IGAK, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.