Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa melalui metode pelatihan asertif pada siswa SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo Jawa Timur tahun pelajaran2017/2018 dengan subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dan pedoman observasi. Reliabilitas skala berpikir kreatif sebesar 0,741 artinya memiliki reliabilitas yang cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)Kondisi awal kepercayaan diri siswa kelas X BDP 1 SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo secara individu tergolong rendah. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor rata-rata kepercayaan diri siswa 95,69 dan dikategorisasikan dalam kepercayaan diri sedang. (2)Dalam penelitian ini diterapkan metode pelatihan asertif dalam satu siklus yang meliputi empat kegiatan melalui ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, roleplaying, modeling, dan pengisian lembar kerja yang menyebabkan tingkat kepercayaan diri siswa kelasX BDP 1 SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo meningkat. Peningkatan kepercayaan diri siswa dibuktikan dari hasil post-test skor kepercayaan diri rata-rata sebesar 106,33 dan dikategorisasikan dalam kepercayaan diri tinggi. Peningkatan skor kepercayaan diri siswa dari pre-test ke posttest yaitu sebesar 10,64 .(3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk peningkatan kepercayaan diri menunjukkan antusiasme tinggi dalam metode pelatihan asertif dari kegiatan I, II, III, dan IV
Keywords
Pelatihan asertif dan Percaya Diri
References
Al-Mighwar, M. 2006. Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia. Corey, Gerald.2003. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: RefikaAditama.
DeAngelis, Barbara. 2005. Confidence (Percaya Diri). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, Thursah.2005. MengatasiTidak PercayaDiri. Jakarta: BumiAksara.
Rahmawati, Hetti. 2008. Modifikasi Perilaku. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang.
Sanjaya, Wina. 2011. PenelitianTindakanKelas. Jakarta: Kencana Santrock, J.W. 2003. Adolescense: Perkembangan Remaja(edisi keenam). Jakarta: Erlangga.
Sulistyani, Anita. 2010. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Semester Gasal Kelas VIII F SMPN 1 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/view/c reators/Anita_Sulistyani_=3A 1301405044=3A=3A.html. Pada tanggal 20 November 2017, Jam 20.13 WIB.
Suyanto.1996. Pedoman PelaksanaanTindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.