MANAJEMEN T-A-P-E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Guru melaksanakan pendidikan melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode. Data tahun 2016-2017 hasil rekapitulasi KD dan metode yang digunakan dari 11 mata pelajaran kelas VII berjumlah 130 KD, maka 108 KD dibelajarkan dengan metode saintifik dan tidak ada KD yang menggunakan problem based learning dalam membelajarkannya. Kelas VIII sejumlah 150 KD dari 11 matapelajaran, maka 136 KD menggunakan metode saintifik dalam membelajar-kannya dan tidak ada KD yang menggunakan Problem Based Learning dalam membelajarkannya. Kelas IX sejumlah 126 KD dari 11 matapelajaran, maka 107 KD menggunakan metode saintifik dalam membelajarkannya dan 4 KD yang meng-gunakan Problem Based Learning dalam membelajarkannya. Untuk meningkatkan kemampuan guru menerapkan problem based learning dalam pembelajaran digunakan manajemen T-A-P-E. Manajemen T-A-P-E adalah suatu siklus tindakan yang terdiri dari tahapan terbuka melalui kegiatan FGD, kemudian aktivitas guru dalam menyusun RPP dengan menerapkan PBL dalam pembelajarannya, pemantauan melalui kegiatan supervise dan evaluasi dan tindak lanjut. Hasil dari tindakan menggunakan manajemen T-A-P-E untuk meningkatkan kemampuan guru menerapkan PBL dalam pembelajarannya diperoleh 3 guru memperoleh selisih skor yang dicapai lebih dari 30 poin dalam menyusun RPP. Sedang untuk pelaksanaan pembelajaran 5 guru memperoleh predikan sangat baik. 2 guru memperoleh predikat baik dan 3 guru memperoleh predikat cukup.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Media Group.
Irwanto. 2006. FGD Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan. Yogyakarta: UNY Press.
Purwanto, Ngalim. 2007. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Pbroblem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sagala, Syaiful. 2010. Manajemen Startegik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Wijaya, Cece. 2010. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.