MEWUJUDKAN KAWASAN SEGITIGA BERBUDAYA LITERASI DI SEKOLAH
Abstract
Budaya Literasi berkaitan erat dengan minat membaca dan menulis, namun kenyataannya minat baca di kalangan masyarakat Indonesia masih rendah. Hal ini sesuai dengan survey United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2012. Hal tersebut diperkuat dengan hasil pengamatan terhadap sekolah, guru, siswa dan perpustakaan sekolah yang ada di sekolah menengah pertama negeri di Kota Probolinggo. Secara umum hasil pengamatan menunjukkan bahwa budaya literasi di lingkungan sekolah (guru, siswa dan perpustakaan sekolah) masih relatif rendah. Sehingga perlu suatu upaya untuk meningkatkan budaya literasi di sekolah melalui terwujudnya kawasan segitiga berbudaya literasi. Mewujudkan budaya literasi di sekolah harus diawali dari komitmen kelembagaan melalui pencantuman budaya literasi dalam visi misi sekolah. Sehingga implementasi budaya literasi merupakan bentuk pengejawantahan visi misi sekolah secara terstruktur dan berkelanjutan. Sebagai lembaga yang berkecimpung di dunia pendidikan, sekolah memiliki peran yang strategis dalam menggerakkan warga sekolah dalam mengembangkan budaya literasi. Budaya literasi sangat berhubungan erat dengan minat membaca. Kawasan berbudaya literasi di sekolah ini terdiri dari perpustakaan guru, perpustakaan kelas dan perpustakaan sekolah. Ketiga kawasan tersebut bersinergi dalam mewujudkan budaya literasi di sekolah. Mewujudkan kawasan berbudaya literasi di sekolah menjadi tanggung jawab semua pihak yang peduli terhadap perkembangan literasi di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Bahasa. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/
Kemdikbud. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kern, Richard. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxpord New York: Oxport University Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.