PENERAPAN METODE JEUX DE RÔLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PERANCIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Perancis siswa dengan penerapan metode pembelajaran bermain peran (Jeux De Rôle) di kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Manado. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Manado tahun ajaran 2014/2015, yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a)observasi, (b)wawancara, (c)tes, dan (d)dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a)perencanaan tindakan, (b)pelaksanaan tindakan, (c)observasi dan interprestasi, dan (d)analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ketertarikan siswa terhadap Bahasa Perancis mulai meningkat, termasuk kemampuan berbicara siswa dalam berbahasa Perancis. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi melalui pengamatan visual maupun hasil perekaman. Dengan Jeux De Rôle perbendaharan kosakata siswa meningkat, begitu juga dengan penggunaan tatabahasanya. Semakin banyak kosakata yang dimiliki, dan semakin terampil menggunakannya dalam kalimat, maka mereka akan semakin terampil berbicara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, Sofwan. 2012. Role Play Dalam Bimbingan Kelompok. https://bkpemula.wordpress.com/2012/10/19/role-play-dalam-bimbingan-kelompok/
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan.2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:BSNP
Eviyanti, Evi. 2007. Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Prancis Dengan Menggunakan Jeux. file:///F:/10-Eviyanti-layout.pdf.
Mei, Yin Yong dan Yu-Jing, Jang.2000. Using Games in an EFL Class for Children. Daejin Univesity ELT Research Paper. Fall.
Pranowo, Dwiyanto Djoko. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Dan Kerjasama Pada Matakuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Dengan Metode Bermain Peran. file:///C:/Users/HP/Downloads/Documents/JURNAL+PENDIDIKAN+KARAKTER.pdf
Priastiani, Henni. 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Menggunakan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sanden. Skripsi. Yogjakarta: Tidak diterbitkan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.