APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED–HEAD–TOGETHER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai Tindakan Kelas terhadap siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Manado tahun ajaran 2014/2015 semester genap dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X IPA, khususnya siswa Kelas X SMA Negeri 1 Manado jika selama pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Pada penelitian ini, keberhasilan pencapaian metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ini dapat dilihat dari data dan analisis hasil observasi, dan hasil tes evaluasi tiap siklus. Berdasarkan hasil observasi, keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase pada setiap indikator. Berdasarkan nilai rata-rata kelas tes prestasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II nilai rata-ratanya yaitu dari 60,32 menjadi 65,61 dan ketuntasan belajar dari 39,02% menjadi 58,54% siswa, kemudian akhirnya pada siklus III nilai rata-ratanya menjadi 76,32 dengan 85,37% siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar individu pada siklus III. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa pembelajaran matematika metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Huda, Miftahul. 2013. Model–Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Jayuz, Hisyam. 2013. Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). http://hisyamjayuz.blogspot.co.id/2013/11/model-pembelajaran-nht-numbered-head.html
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.
Ulfatin, Nurul. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id