PENERAPAN METODE PaSA ON BOARD STORIES AND PICTURE STORIE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Revolis Setyastuti

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Picture and Student Active On Board Stories and Picture Storie , aktivitas peserta didik dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Probolinggo dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif bersifat deskriptif. Data penelitian berupa observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan kemampuan pemecahan masalah. Data bersumber dari peserta didik X-Tata Boga 2 dan guru yang mengajar Sejarah di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dengan metode Picture and Student Active On Board Stories and Picture Storie Pada pembelajaran Sejarah. Aktivitas peserta didik yang tergolong sangat baik dengan adanya kegiatan dalam pembelajaran anak lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran, Metode Membantu siswa meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif dalam pembelajaran sejarah, membantu siswa memahami konsep, kejadian, peristiwa, fakta, data dan interprestasi serta kebenaran sejarah lewat gambar-gambar, mengkonstruktif dalam menelaah eksistensi masa lalu, menghargai perjuangan dan hasil kebudayaan masa lampau lewat visualisasi, membangun keberanian mengungkapkan fakta sejarah, kritis pada setiap peristiwa masa lampau. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memotivasi siswa dan menambah semangat siswa untuk belajar, dalam kegiatan pembelajaran guru memberikan kesempatan untuk berbicara tujuannya adalah agar semua siswa tidak ragu-ragu dalam mengeluarkan pendapatnya. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan karena motivasi belajar tinggi.

 

 


Keywords


Picture and Student Active On Board Stories and Picture Storie, Motivasi dan Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, Moh. R., 2005. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta: LkiS.

Arikunto, Suharsimi,, dkk, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariyono. 1998. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Kasbolah, Kasiani, 1999. Penelitian Tindakan Kelas.Jakrta: Depdikbut

Mustofa, Habib, 2005. Sejarah SMA kelas 2 IPS. Bogor: Yudistira.

Setyosari, Punaji, 2013, Metode Penelitian pendidika dan pengembangan. Solo: Predana Media.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.