MEMBANGUN KOMPETENSI PROFESIONAL DENGAN SEMEV DAN SEMIYAND DALAM MGMP MINI PADA GURU BAHASA INDONESIA MAN I PROBOLINGGO
Abstract
MGMP merupakan kumpulan guru satu mata pelajaran yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari di lapangan. MGMP berada di tingkat sekolah lanjutan, baik SMP maupun SMA dan yang sederajat. Di forum MGMP inilah hambatan itu bisa didiskusikan dengan teman sejawat sesama mata pelajaran. MA Negeri I Probolinggo sebagai madrasah yang menginginkan unggul dalam prestasi seperti yang terdapat dalam Visi dan Misinya, masing-masing mata pelajaran membentuk MGMP Mini. Dikatakan mini karena lingkupnya terbatas, yaitu hanya lingkup guru-guru MAN I Probolinggo, termasuk MGMP Mini Bahasa Indonesia. Kegiatan yang dihasilkan oleh MGMP Mini bermacam-macam, diantaranya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ), membuat media yang variatif, menyusun format penilaian, dan menyusun bahan ajar. Empat agenda ini secara rutin dilaksanakan di MGMP Mini sehingga sesama guru mata pelajaran dapat bertukar informasi yang membuahkan ide kreatif yang berujung pada inovasi pembelajaran. Agar hasil MGMP Mini ini maksimal, tim guru Bahasa Indonesia yang terbentuk dalam forum ini mengadakan pertemuan seminggu sekali setiap hari Sabtu setelah pembelajaran , tim MGMP Mini berkumpul mengevaluasi tentang proses pembelajaran selama seminggu (Semev) sekaligus merancang pembelajaran seminggu yang akan datang (Semiyand).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarjaya, S. Beni. 2008. Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas
Bachman, Lyle F. 1990. Fundamental Consideration in Language Testing. Oxford: Oxford University Press
Departemen Agama RI. 2002. Motivasi dan Etos Kerja
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang–Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara
Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya..
Hamzah B.Uno dan Nurdin, Mohamad. 2008. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara
Iskandarwassi dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung: Remaja Rosdakarya
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Saondi, Ondi dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama
Wahyuni, Sri. 2008. Evaluasi Pembelajaran Bahasa. Malang: Unisma
Refbacks
- There are currently no refbacks.