MEMBANGUN KOMPETENSI PROFESIONAL DENGAN SEMEV DAN SEMIYAND DALAM MGMP MINI PADA GURU BAHASA INDONESIA MAN I PROBOLINGGO

Ely Retnowulan

Abstract


MGMP merupakan kumpulan guru satu mata pelajaran yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari di lapangan. MGMP berada di tingkat sekolah lanjutan, baik SMP maupun SMA dan yang sederajat. Di forum MGMP inilah hambatan itu bisa didiskusikan dengan teman sejawat sesama mata pelajaran. MA Negeri I Probolinggo sebagai madrasah yang menginginkan unggul dalam prestasi seperti yang terdapat dalam Visi dan Misinya, masing-masing mata pelajaran membentuk MGMP Mini. Dikatakan mini karena lingkupnya terbatas, yaitu hanya lingkup guru-guru MAN I Probolinggo, termasuk MGMP Mini Bahasa Indonesia. Kegiatan yang dihasilkan oleh MGMP Mini bermacam-macam, diantaranya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ), membuat media yang variatif, menyusun format penilaian, dan menyusun bahan ajar.  Empat agenda ini  secara rutin dilaksanakan di MGMP Mini sehingga sesama guru mata pelajaran dapat bertukar informasi yang membuahkan ide kreatif yang berujung pada inovasi pembelajaran. Agar hasil MGMP Mini ini maksimal, tim guru Bahasa Indonesia yang terbentuk dalam forum ini mengadakan pertemuan seminggu sekali setiap hari Sabtu setelah pembelajaran , tim MGMP Mini berkumpul mengevaluasi tentang proses pembelajaran selama seminggu (Semev) sekaligus merancang pembelajaran seminggu yang akan datang (Semiyand).

 

 


Keywords


Kompetensi profesional, semev, semiyand, MGMP Mini

Full Text:

PDF

References


Ambarjaya, S. Beni. 2008. Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas

Bachman, Lyle F. 1990. Fundamental Consideration in Language Testing. Oxford: Oxford University Press

Departemen Agama RI. 2002. Motivasi dan Etos Kerja

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang–Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya..

Hamzah B.Uno dan Nurdin, Mohamad. 2008. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandarwassi dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung: Remaja Rosdakarya

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Saondi, Ondi dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama

Wahyuni, Sri. 2008. Evaluasi Pembelajaran Bahasa. Malang: Unisma


Refbacks

  • There are currently no refbacks.