PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATAN KREATIFITAS PEMBUATAN DOKUMEN BARU MICROSOFT WORD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kreatifitas pembuatan dokumen baru dalam pengoperasian program Microsoft Word melalui penerapan model Explicit Instruction siswa kelas VIII F SMPN 4 Probolinggo. Subjek penelitian berjumlah 25 orang siswa, terdiri dari 14 siswa perempuan dan 11 siswa laki–laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses kreatifitas pembuatan dokumen baru selama dua siklus meningkat dari siklus I yang semula rata-rata skornya 72,10 meningkat di siklus II sebesar 93,33. Dilihat dari jenjang kemampuan siswa, terjadi peningkatan kemampuan pada pembuatan dokumen baru dalam pengoperasian program Microsoft Word. Pada tahap pra siklus jumlah siswa yang termasuk berkemampuan tinggi sebanyak 4%, pada siklus I sebanyak 54%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Jumlah siswa yang berkemampuan sedang pada pra siklus sebanyak 50%, pada siklus I menurun sebanyak 46%, dan pada siklus II menurun menjadi 0%, hal ini karena pada siklus II kemampuan siswa semua tinggi. Jumlah siswa yang berkemampuan rendah pada pra siklus sebanyak 46%, pada siklus I sebanyak 0%, dan pada siklus II tetap 0%. Paparan tersebut menggambarkan bahwa tindakan pembelajaran yang mengunakan model Explisit Instruction mampu meningkatkan kreatifitas siswa, dengan meningkatnya kreatifitas siswa maka kemampuan pada pembuatan dokumen baru dalam pengoperasian program Microsoft Word juga ikut meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anik, Pamilu. 2007. Mengembangkan Kreativitas Dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Buku kita.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S., dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E., cetakan ketujuh. januari 2010. Kurikulum Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Huda, M. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
I.G.A.K. Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka KTSP SD/MI 2011.
Liliawati dan Puspita. 2010. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (pbm) Terhadap keterampilan berpikir kreatif dan metakognisi Pada pembelajaran fisika siswa kelas x sma negeri 2 lumajang. (Online). (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel16FDA9DF2193BC7EE6035821D07AD2395.pdf), diakses 3 agustus 2016
Moleong, Lexy J.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Zarfiel, M.D, Ranti W., Soemiarti P. (2009). Hubungan antara harga diri akademik dengan prestasi belajar pada anak usia 10-12 tahun. Jurnal keberbakatan dan kreativitas.03.01. (38-51)
Refbacks
- There are currently no refbacks.