PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN HUBUNGAN SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA

Lilik Kasihani

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kota probolinggo, dengan subyek siswa kelas IX D. Kondisi kelas IX D menunjukkan , siswa kurang memiliki inisiatif,  lebih pendiam, kurang bekerjasama,  motivasi belajar rendah,  kesadaran  untuk memulai materi lamban,/tidak segera menindak lanjuti pembelajaran, minimnya partisipasi dalam kegiatan  layanan  klasikal  (bertanya mengeluarkan  pendapat, ide atau gagasan), belajar secara kelompok tidak jalan.Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan hubungan sosial dengan teman sebaya melalui penerapan model pembelajaran brainstorming dalam  layanan klasikal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan  hubungan  sosial  dengan  teman  sebaya  pada siklus I 73,55%, dan terjadi peningkatan pada siklus II 81,24%. Dari hasil observasi aktivitas siswa dalam  layanan  klasikal  pada  siklus I  “cukup” dan  meningkat  menjadi “baik” pada siklus II. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran brainstorming  dalam layanan  klasikal dapat  meningkatkan hubungan sosial dengan teman sebaya.

 

 


Keywords


Hubungan Sosial, Model Pembelajaran Brainstorming

Full Text:

PDF

References


Ali dan Asrori. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. 2005.Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hurluck, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats