PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN HUBUNGAN SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kota probolinggo, dengan subyek siswa kelas IX D. Kondisi kelas IX D menunjukkan , siswa kurang memiliki inisiatif, lebih pendiam, kurang bekerjasama, motivasi belajar rendah, kesadaran untuk memulai materi lamban,/tidak segera menindak lanjuti pembelajaran, minimnya partisipasi dalam kegiatan layanan klasikal (bertanya mengeluarkan pendapat, ide atau gagasan), belajar secara kelompok tidak jalan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan teman sebaya melalui penerapan model pembelajaran brainstorming dalam layanan klasikal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hubungan sosial dengan teman sebaya pada siklus I 73,55%, dan terjadi peningkatan pada siklus II 81,24%. Dari hasil observasi aktivitas siswa dalam layanan klasikal pada siklus I “cukup” dan meningkat menjadi “baik” pada siklus II. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran brainstorming dalam layanan klasikal dapat meningkatkan hubungan sosial dengan teman sebaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali dan Asrori. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, Saifuddin. 2005.Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hurluck, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.