IMPLEMENTASI METODE EKSPOSITORI DENGAN PEMBERIAN KUIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Jopi Alex Nico Kotel

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai Tindakan Kelas terhadap siswa kelas XII IPA 8 SMA Negeri 1 Manado tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XII IPA 8 SMA Negeri 1 Manado. Keberhasilan pencapaian metode ekspositori dengan pemberian kuis ini dapat dilihat dari data dan analisis hasil kuis-kuis, hasil observasi, hasil angket dan hasil nilai rata-rata tes evaluasi matriks. Motivasi sisws mengalami peningkatan dengan persentase 64,86% pada kategori sedang menjadi 75,68% pada kategori tinggi. Ketekunan siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan kuis meningkat dari 70,27% menjadi 75,68%  dalam kategori tinggi. Persentase prestasi belajar siswa menimngkat dari 56,76% pada kategori kurang baik menjadi 67,57% pada kategori tinggi. Perhatian siswa terhadap kuis matematika juga meningkat dengan persentase 64,86% kategori sedang menjadi 72,97% kategori tinggi. Nilai rata-rata kelas tes prestasi matriks pada siklus I adalah 63,91 dan pada siklus II 71,12. Siswa yang mencapai nilai di atas rata-rata pada akhir siklus I adalah 15 siswa atau 15,71% sedangkan pada siklus II terdapat 30 siswa atau 71,43%.

 


Keywords


Metode ekspositori dengan pemberian kuis, motivasi, dan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Dina, Dayu. 2012. Metode Ekspositori Dalam Pembelajaran Matematika. https://dayufunmath.wordpress.com/2012/01/12/metode-ekspositori-dalam-pembelajaran-matematika/

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Juniladri. 2013. Pemberian Kuis Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Tindakan Pemberian Kuis Dengan Tipe Quiz Team Ini Dilakukan Dalam Pembelajaran Menggambar Garis Tegak Lurus Dan Garis Sejajar Siswa Kelas X TGBSMK Negeri 2 Payakumbuh. Penelitian Tindakan Kelas. Diakses dari: https://juniladri.wordpress.com/2013/12/12/pemberian-kuis-sebagai-upaya-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tindakan-pemberian-kuis-dengan-tipe-quiz-team/

Juremi. 2014. Penerapan Metode Quiz Team Dalam Meningkat-kan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Penjajahan Belanda Dan Jepang Pada Peserta Didik Kelas V Di SD Pengkolrejo 3, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora Pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009. Diakses dari http://widyasari-press.com/index.php?option=com_content&view=article&id=539%3Apenerapan-metode-quiz-team-dalam-meningkatkan-kemandirian-belajar-dan-hasil-belajar-ips&catid=73%3Avol-16-no-1-januari-2014-seri-i&Itemid=68

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B., Lamtenggo, Nina dan Koni, Satria M.A. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.