PENGEMBANGAN MEDIA PERCASTIK SEBAGI ALAT PERAGA MATEMATIKA ALTERNATIF UNTUK MENYELESAIKAN UKURAN PEMUSATAN DATA DAN KUARTIL

Dwi Anggraeni

Abstract


Tujuan penelitian Dan Pengembangan yang dilakukan adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa alat peraga PERCASTIK (Perca Statistik) pada materi ukuran pemusatan data dan kuartil, mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas produk media pembelajaran dan menumbuhkan kreatifitas dan kuroisitas siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R & D), dimana dalama pelaksanaannya menggunakan metode deskriptif, evaluative dan ekperimen. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian awal untuk menghimpun data tentang kondisi yang ada, metode evaluative digunakan untuk mengevaluasi proses uji coba pengembangan suatu produk, dan metode eksperimen digunakan untuk menguji keampuhan dari produk yang dihasilkan. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh bahwa 79,45% respon sangat positif terhadap penggunaan alat peraga PERCASTIK dalam pembelajaran ukuran pemusatan data dan kuartil, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran ada pada kisaran 17–21 termasuk kriteria baik dan ketuntasan belajar secara klasikal 85% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Berdasarkan hasil uji terbatas yang dilakukan dan angket yang disebarkan kepada siswa secara keseluruhan siswa lebih aktif dalam proses belajar di kelas dan merasakan pengalaman belajar dengan menggunakan media pembelajaran.

 

Kata Kunci: Alat Peraga, Efektivitas, Kelayakan.

 

Abstract: The purpose of research and development undertaken is to produce instructional media in the form of props PERCASTIK ( Perca Statistics) on the material and size of data centralization quartile, describe the feasibility and effectiveness of instructional media products and foster creativity and kuroisitas students in using mathematical learning media. The method used is the Research and Development (R & D), where the glittering implementation using descriptive, evaluative and experimental. Descriptive method used in a pilot study to collect data on existing conditions, evaluative methods used to evaluate the process of testing the development of a product, and the experimental method used to test the efficacy of the resulting product. Research and development results showed that 79.45% responded very positively to the use of props in study size PERCASTIK centralizing data and quartiles, active students in the learning process is in the range of 17-21 including the criteria for good and classical learning completeness 85% of students gained grades ≥ 75. Based on limited testing conducted and a questionnaire distributed to students overall students more actively in the learning process in the classroom and experience learning using learning media.

 

Keywords: Viewer tool, effectiveness, feasibility.


Keywords


Viewer tool, effectiveness, feasibility.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Laporan Hasil Belajar. Jakarta.

Djamarah, S.B. 2008. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 1999. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Sardiman, Arif. S., dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.

Satria, Jaka. 2004. Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Kimia Siswa Pada Pokok Bahasan Materi Dan Perubahannya Melalui Penggunaan Perangkat Kit Praktikum Di Kelas I.E SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu.

Setyowati. 2006. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sudjana, N. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung. Wacna Prima.

Widyantini dan Sigit. 2010. Pemanfaatan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: P4TK Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats