PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBUATAN DAN PENYAJIAN BAHAN BUAH MENJADI MAKANAN DAN MINUMAN SEGAR

Estin Dwi Octiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)keterlaksanaan metode demonstrasi (2)peningkatan kreativitas siswa. Rancangan penelitian ini adalah PTK dengan dua siklus, tiap siklus yang terdiri dari rancangan, kegiatan atau observasi, refleksi dan revisi. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran melalui penemuan terbimbing meningkat sebesar 8,33% dari siklus I (84,38%) ke siklus II (92,71%.). Metode demonstrasi dapat meningkatkan kreativitas pembuatan dan penyajian bahan buah menjadi makanan dan minuman segar, hal ini ditunjukkan oleh rata-rata persentase kemampuan kreativitas pembuatan dan penyajian bahan buah menjadi makanan dan minuman segar meningkat sebesar 12,23% dari siklus I (72,08 %) ke siklus II (84,31 %). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan kreativitas pembuatan dan penyajian bahan buah menjadi makanan dan minuman segar.

 


Keywords


Metode demonstrasi, kreativitas pembuatan dan penyajian.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah. (2005). Langkah-Langkah Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Munandar, Utami. 2009.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT. AsdiMahakarya: Jakarta

Santrock, J.W. 2003.Psikologi Perkembangan. Erlangga: Jakarta.

Supriadi, Dedi (1994). Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK.Bandung: ALFABETA

Susilo, H. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru.Malang: Bayu Media Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats