PENERAPAN METODE PERMAINAN JOHARI WINDOW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG KONSEP DIRI DALAM LAYANAN KLASIKAL

Dwi Indrawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam permainan Johari Window dan meningkatkan hasil pemahaman konsep diri melalui permainan Johari Window. Penelitian ini mengunakan 2 siklus dengan 2 kali pertemuan per siklusnya. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa metode permainan Johari Window dapat meningkatkan pemahaman tentang konsep diri dan bisa meningkatkan aktivitas siswa dalam layanan klasikal. Peningkatan aktivitas tampak pada beberapa hal, yakni (1)perhatian siswa menjadi lebih baik, (2)keaktifan siswa lebih tinggi, (3)respon siswa menjadi lebih positif, (4)minat siswa untuk memahami konsep diri jadi terbangun, (5)kerjasama, interaksi dan komunikasi antar teman semakin meningkat, (6)antusiasme dan kegembiraan meningkat, (7)keingintahuan siswa menjadi meningkat, dan (8)interaksi dan komunikasi kelas lebih kondusif. Sedangkan peningkatan pemahaman konsep diri dilihat dari skor angket siswa dalam memahami konsep diri mengalami peningkatan. Rata-rata skor siswa mengalami peningkatan, yakni dari 59,37 pada pra siklus menjadi 68,33 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79,90 pada siklus II. Paparan tersebut menggambarkan tindakan layanan klasikal yang menggunakan metode permainan Johari Window mampu meningkatkan pemahaman tentang konsep diri siswa.

 

 


Keywords


Konsep diri, Permainan Johari Window

Full Text:

PDF

References


Agustiani, Hendrianti. (2006). Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hardjana, Agus, M.. (2003). Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal.Yogyakarta: Kanisius.

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Newstrom & Rubenfeld. 1983. The Johari Window : Reconceptualization. Developments in Business Simulation & Experiential Exercises. Volume 10 : 117-120 (http://sbaweb.wayne.edu/~absel/bkl/vol10/10be.pdf, diakses 15 Agustus 2016)

Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, Novilia Puspita. (2012). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Suwardjo dan Eva. 2010. 55 Permainan Dalam Bimbingan danKonseling.Yogyakarta : Paramitra

Wartana, Eka. 2009. Mind Web Konsep Berfikir Tanpa Mikir. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.